Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
GAS Bersatu Dukung SF Hariyanto Jadi Gubernur Riau 2024, Ini Penilaiannya

Riauterkini-SIAK - Perkumpulan Gabungan Anak Siak Bersama Satu Tujuan (GAS Bersatu), mendukung Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto menjadi Gubernur Riau pada pilkada 2024.

GAS menilai, mantan Kepala Dinas PUPR Riau itu mampu membangun infrastruktur penting di Kabupaten Siak, semasa menjabat Kepala Dinas PUPR Riau di zaman Gubernur Riau Rusli Zainal.

“Lewat sentuhan dingin SF Hariyanto, kami ingin mengulangi sinergitas Pemkab Siak dengan pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah pusat,” kata ketua umum DPP GAS Bersatu Irvan Gunawan, Selasa (9/7/24).

Waktu itu, Irvan menjabat pimpinan DPRD Siak, merupakan salah satu pelaku sejarah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Siak.

“Rekam jejak dan keseriusan dalam membangun ada di sosok SF Hariyanto, karena dalam memilih pemimpin kita harus berpatokan dengan kemampuan,” kata tokoh masyarakat Siak itu.

Perlunya sinergitas pusat, provinsi dan kabupaten sangat penting, karena sinkronnya ketiga tingkatkan ini akan menjamin pembangunan yang baik.

“Saya kasih informasi, pada zaman Gubri Rusli Zainal, Siak bisa membangun tiga jembatan yang paling fundamental dan fenomenal, yaitu jembatan Siak, Teluk Mesjid dan jembatan Maredan. Hari ini, semua orang melihat dan merasakan dampak pembangunan itu, serta mengenang sejarahnya,” kata Irvan.

Irvan menjelaskan, kolaborasi antara Pemprov dan Pemkab Siak tidak Sampai disitu. Minimnya infrastruktur jalan dari Siak ke Pekanbaru dan sebaliknya membuat kedua belah pihak sepakat membuka jalan dari Simpang Beringin-Simpang Bakal.

“Kemauan Kepala Dinas PU Provinsi di zaman itu yaitu SF Hariyanto dalam membangun sinergitas dengan PU kabupaten menghasilkan orkestrasi yang indah, di mana banyak orang yang underestimate untuk datang ke Siak waktu itu, kini semua orang ingin datang ke Siak,” katanya.

Grand design pembangunan Siak sejak zaman Arwin menjadi bupati, hingga kini belum terwujud, dikarenakan terbatasnya APBD Kabupaten Siak.

Namun perlu sinergitas dan kolaboratif antara pemkab Siak, pemprov dan pusat untuk peduli dengan pembangunan rencana jangka panjang daerah.

Irvan yakin dibawah kepemimpinan SF Hariyanto nanti ini akan terwujud. Rekam jejak SF Hariyanto yang satset dalam pembangunan kembali terbukti setelah menjabat PJ Gubri. Belum genap 5 bulan dilantik sebagai PJ, SF Hariyanto telah meninjau rencana pembangunan jalur dua KM 11 Simpang Buatan -Teluk Masjid dan jembatan kembar sungai Cimpur.

“Bahkan setelah 5 tahun Bankeu Pemprov tidak ada buat infrastruktur Siak (semasa Syamsuar), tiba-tiba diturunkan SF Hariyanto begitu menjabat PJ. Karena ia tahu kebutuhan infrastruktur dan rencana sejak lama yang tak bisa diwujudkan dengan anggaran Siak,” katanya.

Anggaran untuk memulai pembangunan jalan jalur dua Km 11 Simpang Buatan - Teluk Masjid Rp 75 miliar tahun 2025 nanti. Anggaran ini untuk memancing APBN sehingga dapat dibayangkan jalan tanpa hambatan membentang sejauh 77 Km dari KM 11 Simpang Buatan menuju Teluk Masjid, yang akan mendukung Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) di kecamatan Sungai Apit.

Kemudian untuk pembangunan jembatan Cimpur diturunkan sebanyak Rp 32,9 miliar pada 2024 ini. Tidak hanya menyetujui kedua mata anggaran itu, tetapi turun ke lokasi untuk memastikan kondisinya.

“Sinergitas dulu di masa Rusli Zainal kita harapkan sekarang. Sebab APBD Siak terbatas, infrastruktur harus dilanjutkan pembangunannya, kita perlu sentuhan pemimpin bertangan dingin seperti SF Hariyanto,” katanya.

Menurut Irvan, saat ini Siak menjadi destinasi wisata strategis Riau. Maka, jarak Siak dan Pekanbaru sebagai ibukota provinsi harus lebih dekat, tentu dengan dukungan infrastruktur yang memadai.

“Jika akses Siak-Pekanbaru mulus maka akan memancing investor, seperti perhotelan, restoran dan lain sebagainya akan tumbuh,” katanya.

Irvan mengatakan, ia mendukung pemimpin yang peduli terhadap Siak seperti PJ Gubernur Riau SF Hariyanto. Karena ia menganggap SF Hariyanto sudah teruji, baik sejak menjabat Kadis PU Riau maupun saat menjabat PJ Gubri Riau.

“Waktu beliau Kadis dan saya pimpinan dewan di Siak, jadi saya tahu betul apa yang kami lakukan untuk Siak. Kemudian terbukti lagi, belum genap 5 bukan jadi PJ Gubri, Siak ibarat ketiban durian runtuh,” katanya.

Ia menambahkan, Siak haus akan bantuan dari Provinsi dan Pusat. RPJP kabupaten Siak harus tegak lurus dengan RPJP Provinsi dan RPJMN.

“Kita juga akan meminta kepada PJ Gubri penataan di di bawah jembatan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah atau jembatan Teluk Masjid serta memperindah jembatan Sultan Syarif Hasyim atau jembatan Maredan,” katanya.***(Adji)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 15 Juli 2024

Pengukuhan IMRA RAPP: Semangat Ukhuwah dan Dakwah di Riau Kompleks

Pengukuhan IMRA RAPP yang baru saja berlangsung merupakan wujud semangat ukhuwah dan dakwah di Riau Kompleks.

Rabu, 24 Juli 2024

Motor Matik Kembali Hiasi Honda At Family Day di Mal SKA Pekanbaru

Honda At Family Day yang berlangsung selama tiga hari di Mal SKA Pekanbaru menghadirkan motor matik dengan sejumlah program untuk konsumennya.

Galeri
Selasa, 16 Juli 2024

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Pengelolaan Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Pengelolaan Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir.

Advertorial
Sabtu, 13 Juli 2024

Beri Pelayanan Kesehatan Terbaik, Pemkab Siak Siapkan Rp 37 Miliar Dukung UHC

Pemkab Siak siapkan anggaran Rp 37 miliar dukung UHC. Wujudkan layanan kesehatan terbaik.

Advertorial
Jumat, 12 Juli 2024

Gelar Pasar Murah Upaya Pemkab Siak Tekan Inflasi

Pemkab Siak punya cara jitu atasi inflasi. Sesering mungkin gelar Pasar murah.

Galeri
Senin, 24 Juni 2024

Galeri, Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Tata Laksana Penyelenggaraan SKAMRT dan IKL TFU, TPP, Sarana Air Minum dan Fasyankes di Inhil Tahun 2024

Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Tata Laksana Penyelenggaraan SKAMRT dan IKL TFU, TPP, Sarana Air Minum dan Fasyankes di Inhil Tahun 2024. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Sabtu, 06 Juli 2024

Bawaslu Riau Raih Penghargaan Kehumasan pada Pelaksanaan Pemilu 2024

Bawaslu Riau Raih Penghargaan Kehumasan pada Pelaksanaan Pemilu 2024.

Berita Lainnya

Rabu, 24 Juli 2024

Kastel Kejari Bengkalis Dimutasi


Rabu, 24 Juli 2024

Enam OPD Ikuti Bimtek Sertifikasi Petugas Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik


Rabu, 24 Juli 2024

Hari Mangrove Sedunia, BDPN Bersama Unisi Mengabdi Akan Tanam 7.000 Bibit di Tanjung Pasir Inhil


Rabu, 24 Juli 2024

Petugas Pengelola Pelayanan Publik Wajib Tindaklanjuti Aduan Masyarakat


Rabu, 24 Juli 2024

Perempuan Bengkalis Memiliki Potensi Besar Dalam Pembangunan Nasional


Rabu, 24 Juli 2024

Persiapan Optimal, Tim Sky Air Riau Siap Rebut Emas PON Sumut-Aceh


Rabu, 24 Juli 2024

Sholat Istikharah di Mekkah Memudahkan Asparaini Setuju Dampingi Kelmi di Pilkada Rohul


Rabu, 24 Juli 2024

Penolakan Terhadap M. Nasir Ikut Pilgubri Harus Disikapi dengan Bijak


Rabu, 24 Juli 2024

196 Petarung dari 39 Camp, 3 Provinsi akan tampil di SKA SPORT SHOW Fight Day


Rabu, 24 Juli 2024

Bupati Kuansing Intruksikan Pihak Terkait Sukseskan Pelaksanaan PIN Polio Serentak


Rabu, 24 Juli 2024

HAN 2024, Komitmen PTPN IV Regional III Sehatkan dan Cerdaskan Generasi Masa Depan Bangsa


Rabu, 24 Juli 2024

Yerbanyak di Pekanbaru, Hari Pertama PIN Polio Puskesmas Rejosari 1.628


Selasa, 23 Juli 2024

Serentak Hari Pertama, 17.393 Anak 0-7 Tahun di Bengkalis Diberikan Tetes Imunisasi Polio


Selasa, 23 Juli 2024

Kapolres Cek Kesiapan Personel dan Sarana Prasarana


Selasa, 23 Juli 2024

Aklamasi, Adi Putra Kembali Pimpin PWI Bengkalis


Selasa, 23 Juli 2024

Diwakili Assiten III, Pj Bupati Buka Pencanangan PIN Polio Kabupaten Indragiri Hilir


Selasa, 23 Juli 2024

Tuan Guru Ismail Royan Sambut Hangat Kedatangan Pasangan Agung - Markarius


Selasa, 23 Juli 2024

Perhatian SF Hariyanto Bangun Inhu Dipuji Bupati Rezita


Selasa, 23 Juli 2024

Sempena HAN 2024, Sebanyak 60 Anak Binaan di Riau Terima Remisi, Dua Langsung Bebas


Selasa, 23 Juli 2024

HMI Badko Riau-Kepri: Jangan Benturkan Isu Ras dalam Pilkada