Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Sentra UMKM BRK Syariah Permudah Nasabah Mengurus Sertifikat Halalnya



Riauterkini- PEKANBARU – Sentra UMKM BRK Syariah yang beralamat di Jalan Arifin Ahmad Kota Pekanbaru, Riau berkomitmen membantu nasabah dalam pengurusan sertifikat halal untuk produk-produk usahannya. Pasca diresmikan 19 April 2024 lalu, Sentra UMKM BRK Syariah menggelar workshop perdana dengan tema Penerbitan sertifikasi halal untuk usaha yang lebih berkah.

Kelas bisnis yang diikuti oleh 21 pelaku UMKM itu berlangsung di ruang Sentra UMKM lantai 3 kantor BRKS Pekanbaru Arifin Ahmad pada Kamis (6/6/2024) pagi. Dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Agama Kota Pekanbaru (Satgas Sertifikasi Halal) Dr. Hj. Rasdanelis, S. Ag, SS, M. Hum. Beliau juga merupakan Pendamping Proses Produk Halal UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Direktur Dana dan Jasa BRK Syariah, MA Suharto saat membuka acara workshop tersebut menyampaikan apresiasinya kepada nasabah yang antusias mengikuti kegiatan itu. Sertifikasi Halal pada produk usaha ini sudah wajib dimiliki setiap pelaku UMKM untuk memberikan kepastian barang yang dijual halal, bersih dan sehat.

“Dengan adanya pertemuan dan workshop hari ini mudah-mudahan menjadi wadah diskusi dan sharing antara UMKM dan perbankan serta lembaga terkait lainnya. Workshop ini diharapkan bisa menambah pertumbuhan ekonomi khususnya di segmen produk UMKM. Peserta workshop akan mendapat pemahaman tentang pentingnya sepertifikat halal ini dalam memasarkan produk,” kata MA Suharto.

Suharto mencontohkan di Negara Thailand untuk produk pertanian hampir menyeluruh sudah tersertifikasi halal. Sehingga wisatawan muslim yang datang ke Negara tersebut sudah tahu harus memilih produk mana saat berbelanja. Demikian juga di Negara yang mayoritas muslim seperti Malaysia, pelaku usaha di sana sudah mengutaman sertifikat halal ini pada setiap produknya.

“Kalau ilmu dari narasumber workshop dapat diterima dengan baik, kami juga berharap dapat ditransfer juga kepada pelaku UMKM lainnya. Banyak keuntungan yang akan diperoleh pelaku usaha ketika produknya sudah tersertifikasi halal ini, salah satunya produk tersebut akan menjadi pilihan utama konsumen muslim karena konsumen merasa aman saat menggunakannya,” kata Suharto.

Owner UMKM Kue Basah Cikgu Irma, Irma Suryani mengaku terbantu dengan program UMKM BRK Syariah. Produk kue basahnya sudah memiliki sertifikat halal yang proses pengurusannya dibantu oleh BRK Syariah. Di Sentra UMKM ini, pelaku UMKM juga mendapat fasilitas klinik bisnis, pelatihan, bincang bisnis, promosi produk, ruang bisnis serta pendampingan dalam menjalankan usaha.

“Ga cuma dapat pembiayaan untuk mengembangkan usaha saja, kami juga dibimbing dan dibantu dalam pengurusan sertfikat halal, jadi sekarang kue dari Cikgu Irma sangat mudah dipromosikan. Selama bergabung di sini juga kami bisa saling sharing ilmu bisnis dan mengupgrade usaha kami agar semakin populer di pasaran. Banyak manfaat yang kami dapat bergabung di sini, dalam kegiatan workshop ini juga kami jadi lebih tahu banyak produk BRK Syariah seperti tabungan haji, tabungan kurban dan lainnya,” kata Irma di sela kegiatan workshop.

Dalam kesempatan yang sama, Wening Tresnaning Asih selaku Ekonom Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta workshop. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Sentra UMKM ini memiliki manfaat yang besar bagi pelaku UMKM. Kegiatan ini juga dapat mengembangkan ekonomi syariah melalui pemberdayaan UMKM.

“Industri halal memang memiliki potensi yang sangat besar, tidak hanya dikalangan penduduk Indonesia tetapi juga pasar global. Dari industri halal semakin tahun itu semakin besar permintaan dari produk halal. Secara global capaiannya itu sekitar 2,02 triliun US Dollar, jadi memang secara potensi semakin lama eh produk yang diekspor ini juga diminta sertifikasi halalnya,” kata Ekonom Kantor BI Riau ini.



Masih dikatakan Wening, secara rangking yang memang dirilis oleh global islami ekonomi produk halal, Indonesia masuk peringkat ke Sembilan. Bank Indonesia akan berperan sebagai akselerator, inisiator dan regulator dengan melakukan perumusan kebijakan terkait dengan bagaimana bersinergi dengan perbankan syariah dalam rangka mendukung ekonomi syariah.

“Pembiayaan pada sektor industri halal mungkin masih menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh bisnisman dan bisnis women terutama terkait dengan UMKM di sektor halal tersebut dan bagaimana kompleksitas dari regulasi halal yang kalau misalnya kita masuk ke pasar ekspor mungkin nanti perkembangannya dapat berbeda-beda. Tinggal bagaimana meningkatkan kualitas dan juga infrastruktur dari industri halal sendiri,” tuturnya.

Dalam kegiatan workshop itu juga dilakukan penandatanganan MoU antara BRKS dengan Asosiasi UKM - IKM Nusantara Wilayah Riau. Turut hadir juga dalam acara tersebut, Pengawas Jaminan Produk Halal Kemenag Kota Pekanbaru Anizar, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI Mizan Asnawi, Ketua UKM - IKM Nusantara Wilayah Riau Prama Widayat, Pemimpin Divisi MKM Muhammad Jazuli serta Branch Manager BRKS Pekanbaru Arifin Ahmad, Marwan Setiadi. ***(rls)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Selasa, 11 Juni 2024

Komisi V DPRD Riau Hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Sumut

Komisi V DPRD Provinsi Riau hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif UPT Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

Galeri
Selasa, 11 Juni 2024

Pansus Ranperda Pariwisata Berbudaya Melayu Gelar Raker Lanjutan

Panitia Khusus Ranperda Penyelenggaraan Pariwisata Berbudaya Melayu melakukan rapat kerja lanjutan bersama Biro Huku Setdaprov Riau. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Minggu, 09 Juni 2024

Gerak Cepat, 2 Anak Perusahaan Riau Petroleum Teken CA WK Bentu dan WK Malacca Strait

Gerak Cepat, dua anak perusahaan Riau Petroleum lakukan penandatanganan CA WK Bentu dan WK Malacca Strait.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

Sentra UMKM BRK Syariah Permudah Nasabah Mengurus Sertifikat Halalnya

Sentra UMKM BRK Syariah berkomitmen membantu nasabah dalam pengurusan sertifikat halal untuk produk-produk usahannya.

Galeri
Senin, 03 Juni 2024

Diresmikan Presiden Jokowi, Pimpinan DPRD Riau Hadiri Peresmian Ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

Pimpinan DPRD Riau Yulisman dan Wakil Ketua DPRD Agung Nugroho, turut menghadiri peresmian jalan Tol Pekanbaru-Padang, ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

Berita Lainnya

Kamis, 13 Juni 2024

Tanpa Biaya, PPDB di Inhu Dilaksanakan Gratis


Kamis, 13 Juni 2024

Aktif Ikuti Sosialisasi Program KEJAR dari BRK Syariah, 5 Pelajar SMAN 20 Batam Dapat Hadiah Uang dalam Tabungan


Kamis, 13 Juni 2024

Rekor! 320 Gamer Berlaga di E-Sport ML Polres Bengkalis


Kamis, 13 Juni 2024

KPU Siak Buka Pendaftaran Pantarlih untuk Pilkada 2024


Kamis, 13 Juni 2024

Idul Adha 1445 H, PWI Riau akan Potong 4 Sapi dan 1 Kambing Qurban


Kamis, 13 Juni 2024

SKK Migas Energi Mega Persada Gendewa Gelar Sosialisasi Kesehatan di Rantau Bais


Kamis, 13 Juni 2024

Kendalikan Inflasi, Pemkab Pelalawan Gelar Gerakan Pangan Murah


Kamis, 13 Juni 2024

Pemuktahiran Data Pemilih, PPS Rekrut Pantarlih Mulai 13 -19 Juni 2024


Kamis, 13 Juni 2024

Bupati Sukiman Buka Pelatihan Ketapang bagi Kades dan Kelompok Tani se-Rohul


Kamis, 13 Juni 2024

Tak Jera, Maling Spesialis Rumah di Bengkalis Diringkus Polisi


Kamis, 13 Juni 2024

Wabup Indra Gunawan Kunjungi Jamaah Haji Asal Rohul di Makkah


Kamis, 13 Juni 2024

Tragis, Seorang Pekerja Sawit di Rohil Tewas Tersetrum Listrik


Kamis, 13 Juni 2024

Gelar Karya P5 SD IT Bunayaa Pekanbaru Berlangsung Meriah


Kamis, 13 Juni 2024

Bupati Sukiman Berharap MUI Rohul Jadi Pemandu Umat Mengamalkan Islam


Kamis, 13 Juni 2024

Gerak Cepat, Pemprov Riau Terus Perbaiki Ruas Jalan Provinsi di Bengkalis


Kamis, 13 Juni 2024

Polresta Pekanbaru Buru Jaringan Narkoba Modus Kandang Ayam


Kamis, 13 Juni 2024

Pertama Berdiri, Sekolah Lansia Diperkenalkan di Bengkalis


Kamis, 13 Juni 2024

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Jamin Stok LPG Aman di Riau Jelang Idul Adha


Kamis, 13 Juni 2024

Pasca Pacu Jalur Tepian Rajo Pangean, Sampah Berserakan Mulai Dibersihkan 


Kamis, 13 Juni 2024

Bawaslu RI Tolak Koreksi, Kuatkan Putusan KPU Bengkalis Tidak Langgar Administratif Pemilu 2024