Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Senin, 18 Januari 2021 10:31
Tertipkan PETI 2 Mesin Dompeng Dibakar Polsek Kuantan Mudik

Ahad, 17 Januari 2021 19:36
Bertambah 188, Total Kasus Covid-19 di Riau Capai 27.337 Orang

Ahad, 17 Januari 2021 19:25
Sembuh 3, Pasien Covid-19 di Kuansing Bertambah 4 Orang

Ahad, 17 Januari 2021 19:14
H Permata Tewas Ditembak Petugas BC di Inhil, Polda Riau Tunggu Limpahan LP dari Polda Kepri

Ahad, 17 Januari 2021 18:54
Hikatama: Terkait Kecelakaan Tol Permai, Harus Ada Upaya Tegas dan Sulusi Kongkrit

Ahad, 17 Januari 2021 17:27
Peduli Covid-19, Forjamet Salurkan Alat Kesehatan ke 8 Pondok Pesantren di Dumai

Ahad, 17 Januari 2021 15:46
Penyelundup Sempat Melawan, Bea Cukai Berhasil Amankan 7,2 Juta Batang Rokok Ilegal di Inhil

Ahad, 17 Januari 2021 15:05
Puluhan Anak Kampung Quran Jangkang, Bengkalis Ikuti Evaluasi Belajar

Sabtu, 16 Januari 2021 21:05
Sembuh 1, Pasien Covid - 19 di Kuansing Bertambah 5 Orang

Sabtu, 16 Januari 2021 20:52
Update Covid-19, Positif 96, Sembuh 166, Meninggal 5



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 2 Desember 2020 21:28
Dihadiahi Tanjak, Bupati Inhu Hadiri Pengukuhan Lembaga Adat Talang Mamak

Bupati Inhu Yopi Arianto mendapatkan tanjak dari Patih Yusuf Talang Durian Cavar, Patih Suku Talang Mamak yang merupakan pemimpin tertinggi adat suku tersebut.

Riauterkini-RENGAT-Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Yopi Arianto dihadiahi tanjak oleh Patih Yusuf Talang Durian Cacar, Patih Suku Talang Mamak yang merupakan pemimpin adat tertinggi Suku Talang Mamak, pemberian tanjak ini dilakukan setelah selama ini Bupati Yopi selalu memperhatikan masyarakat sukuTalang Mamak yang ada di Inhu, khususnya di Kecamatan Rakit Kulim.

Penghargaan yang diberikan kepada Bupati Inhu Yopi Arianto dengan memasangkan tanjak putih khas Suku Talang Mamak yang dilakukan langsung oleh Patih Yusuf Talang Durian Cacar, Patih Suku Talang Mamak yang merupakan pemimpin adat tertinggi Suku Talang Mamak, dilakukan dalam pengukuhan Lembaga Adat Suku Talang Mamak se Kecamatan Rakit Kulim yang digelar di halaman kantor Camat Rakit Kulim, Selasa (2/12/20).

"Terima kasih Pak Patih, Pak Batin, ini merupakan penghargaan yang tak ternilai bagi saya, tanjak ini akan saya simpan sebagai kenang-kenangan," ujar Bupati Inhu Yopi Arianto.

Diungkapkan Bupati Inhu Yopi Arianto penghargaan yang diberikan Suku Talang Mamak diujung masa jabatanya dirasakanya sungguh sangat istimewa dan berkesan dalam pengalaman hidupnya. Dirinya mengenang dimana saat awal mengemban jabatan sebagai Bupati Inhu dirinya juga mendapat penghargaan dari masyarakat Rakit Kulim.

"Hari ini diujung masa jabatan saya, saya kembali mendapat penghargaan yang luar biasa. Alhamdulillah tanjak kebanggaan Suku Talang Mamak sudah berada di kepala saya. Tentunya ini luar biasa, saya merasa dibanggakan oleh para orangtua di Kecamatan Rakit Kulim," ungkapnya.

Sementara itu proses pengukuhan Lembaga Adat Suku Talang Mamak se Kecamatan Rakit Kulim, ditandai dengan pengucapan sumpah oleh para Patih, Batin, dan Mangku se Kecamatan Rakit Kulim dan dilanjutkan dengan pemasangan tekolok kepada para Patih, Mangku, dan Batin Talang Mamak.

Setidaknya terdapat sepuluh orang yang dilantik pada kesempatan itu, yang terdiri dari satu Patih dan sembilan Batin. Satu Patih yang dilantik, yakni Patih Desa Talang Durian Cacar. Sembilan Batin yang dilantik, antara lain Batin Talang Durian Cacar, Batin Talang Perigi, Batin Talang Sungai Parit, Batin Talang Suka Maju, Batin Talang Sungai Limau, Batin Talang Gedabu, Batin Talang Sungai Ekok, Batin Talang Tujuh Buah Tangga, dan Batin Talang Selantai.

Kehadiran Bupati Inhu ke Rakit Kulim disambut antusias oleh warga adar Suku Talang Mamak. Para tokoh adat dan pejabat satu persatu menyalami Bupati Yopi. Kehadiran Bupati Inhu disambut dengan pertunjukan adat tradisional suku Talang Mamak. Diawali dengan pertunjukan silat dan dilanjutkan dengan pertunjukan sabung ayam.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Inhu Yopi Arianto yang didampingi Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Riswidiantoro, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Inhu, Nursisman, Plt Camat Rakit Kulim, Rosmida, dan juga Kepala Desa (Kades) se Rakit Kulim, mengingatkan akan adanya pihak-pihak yang berupaya membenturkan para Patih dan Batin Talang Mamak selama proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu.

"Ketika Pemilu semua ingin membangga-banggakan Suku Talang Mamak untuk mempengaruhi para Patih dan para Batin, seolah-olah tidak ada perhatian. Bahkan semuanya ikut campur bagaimana meyakinkan para Patih dan para Batin," tegasnya.

Oleh karena itu, dirinya mendoakan agar semuanya baik-baik saja sekaligus mengukuhkan Lembaga Adat Suku Talang Mamak. Serta mengingatkan agar warga Kecamatan Rakit Kulim menggunakan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

"Alhamdulillah kita buktikan siang hari ini kita sudah melaksanakan pengukuhan yang selama ini kita cita-citakan. Selama berdiri pemerintahan ini, baru kali ini ada pengukuhan Lembaga Adat Suku Talang Mamak. Ini sangat luar biasa sekali. Kita doakan di tanggal 9 Desember ini kita mendapatkan pemimpin yang amanah. Pak Patih dan Pak Batin sebagai orang yang dituakan disepuhkan, diharapkan tetap mempertahankan komitmennya," pungkasnya. * (guh)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Hikatama: Terkait Kecelakaan Tol Permai, Harus Ada Upaya Tegas dan Sulusi Kongkrit
- Peduli Covid-19, Forjamet Salurkan Alat Kesehatan ke 8 Pondok Pesantren di Dumai
- Puluhan Anak Kampung Quran Jangkang, Bengkalis Ikuti Evaluasi Belajar
- Kecelakaan Lagi, Satu Orang Tewas di Tol Pekanbaru-Dumai
- Tunaikan Kewajiban Demokrasi, Ketua KPU Bengkalis Ikut Nyoblos Anggota BPD
- Tahun Anggaran Berakhir, Proyek Jalur Dua Airmolek Inhu Tetap Dikerjakan
- Polda Riau Periksa 13 Saksi Terkait Sampah di Pekanbaru
- Mulai Hari Ini APBD Bengkalis 2021 Sudah Bisa Digunakan
- Hadapi Pandemi, Kegiatan Fisik APBD Bengkalis 2020 Terealisasi 98 Persen
- Peserta Primkoppol Polres Rohul Diajak Menjadi Peserta BP Jamsostek
- Calon Kapolri, PCNU Inhil Mengajak Masyarakat Hormati Keputusan Presiden
- Polair Imbau Nelayan Bengkalis Miliki Pas Kecil
- Kementerian PUPR Terus Gesa Pengadaan Tanah Tol Pekanbaru-Bangkinang
- Sekda Bengkalis Merinding Dapat Kabar Syeh Ali Jaber Tutup Usia
- Bakal Dibuka Sandiaga Uno, Kadis Pariwisata Dukung Rakernas Masata II di Riau
- Integrasi Data, Bapenda Bengkalis dan Dukcapil Jalin Kerja Sama
- Program Binaan Chevron -BRGM Panen Perdana di Lahan Gambut Tanpa Bakar
- Lima Tewas, Bodi Mobil Inova Sampai Lepas
- Didanai Rp17 M, Pemprov Riau Bakal Sulap Purna MTQ jadi Al Qur'an Center
- Dandim 0314 Inhil Pimpin Upacara Korps Raport Pindah Satuan Terhadap 3 Prajurit


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com