VISI : BERTEKAT MEWUJUDKAN KABUPATEN ROKAN HULU SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN, PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, KESEHATAN DAN KEHIDUPAN AGAMIS YANG HARMONIS DAN BERBUDAYA


19/04/2021 18:27
Rakor Covid-19 dengan Gubri, Kabupaten Rohul sudah Melaksanakan PPKM Berbasis Mikro

12/04/2021 10:57
Pemkab Rohul tidak Menggelar Tradisi Potang Balimau Dua Tahun Terakhir karena ini

8/04/2021 22:50
Gedung LKA Menaming dari CSR BRK Diresmikan Wagubri, Bupati Rohul Harapkan ini

6/04/2021 17:58
Resmikan SPPBE PT ATM, Bupati Rohul Berharap Harga Gas Elpiji 3 Kg Terjangkau

2/04/2021 15:17
18 Pejabat Fungsional Pemkab Rohul Dilantik, Sekda Minta Program Pembangunan Dikawal

26/03/2021 20:09
Bupati Sukiman Minta TPBD Melacak Titik Koordinat Batas Rohul-Kampar

25/03/2021 16:34
BUMDesa dan BUEK di Rohul Diajak Manfaatkan TI untuk Wujudkan Desa Mandiri

24/03/2021 23:54
Kabupaten Rohul Masuk Nominasi Penghargaan APE Kementrian PPPA RI

20/03/2021 13:04
Bupati Sukiman Ikut Perjuangkan Kepastian Batas Rohul-Kampar di Kemendagri

16/03/2021 21:35
Sekda Rohul: Pemkab Akan Libatkan Elemen dan Stakeholder Mencegah Karhutla

11/03/2021 16:47
Pemkab Rohul Segera Bayar Kegiatan Tunda Bayar 2020 Sekira Rp 66 Miliar, OPD Geser Anggaran

10/03/2021 15:23
Forum Perangkat Daerah Rohul 2021 Resmi Dibuka, Sekda Pesankan ini ke Pimpinan OPD

9/03/2021 22:18
Bapenda Rohul dan BRK Launching Pembayaran Pajak Daerah Secara Online

5/03/2021 09:57
Sekda Rohul: Rakor Bersama KPK Sinergikan Tata Kelola Pemerintahan yang Transparan dan Akuntabel

4/03/2021 22:10
Sekda Rohul Sebut Vaksinasi Bisa Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

 
 
Selasa, 9 Maret 2021 22:18
Bapenda Rohul dan BRK Launching Pembayaran Pajak Daerah Secara Online

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kapupeten Rokan Hulu (Rohul), Riau, terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi di era digitalisasi saat ini.

Berbagai inovasi dilakukan memberikan kemudahan bagi masyarakat atau wajib pajak melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak daerah.

Salah satu dilakukan Bapenda Rokan Hulu yaitu memberikan kemudahan dalam membayar pajak sistem online, dan menggandeng Bank Riau Kepri (BRK) Cabang Pasirpengaraian.

Kerjasama antara Bapenda dengan BRK Cabang Pasirpengaraian dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) dan launching di kantor Bapenda Rokan Hulu, Selasa 09 Maret 2021.

Penandatanganan MoU dihadiri Pimpinan Cabang BRK Pasirpengaraian Bobby Ferdian, Sekretaris Bapenda Rokan Hulu Zulheri SE, Dirut Perumda RHJ Marjeni, Sekretaris BPKAD Rokan Hulu Asikin SE, Kabid PIKP Diskominfo Rokan Hulu H. Erwan SP M.Agric dan staf, serta sejumlah wajib pajak.

Sekretaris Bapenda Rokan Hulu, Zulheri, menjelaskan tujuan dibuat layanan penerimaan pembayaran pajak daerah secara online dalam rangka penyelanggaraan pemerintah yang bersih dan transparan.

Zulheri mengharapkan layanan pembayaran secara online yang berlaku sejak ditandatangani MoU dengan BRK Cabang Pasirpengaraian dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak daerah.

"Mulai hari ini kita laksanakan pembayaran pajak dengan non tunai atau sedara online," jelas Zulheri, Selasa, dan mengaku pembayaran sistem online jauh lebih efeisien karena tidak banyak menggunakan kertas lagi.

"Jadi ketika sudah connect dengan sistem lebih mudah membayar pajak, khususnya sembilan objek pajak daerah secara online," tambahnya.

Zulheri mengungkapkan sembilan pajak daerah yang bisa dibayar secara online, yaitu Pajak Hotel, Restoran, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Hiburan, Pajak Parkir, Pajak Sarang Burung Walet, dan Pajak Mineral Bukan Logam.

Dikaui Zulheri, pembayaran pajak daerah sistem online sudah dirancang Bapenda Rokan Hulu dengan BRK selama dua bulan dan dilakukan secara marathon.

Zulheri menuturkan sejumlah wajib pajak diundang sebagai duta pembayaran pajak secara online, dan sebagai perpanjangan tangan Bapenda Rokan Hulu kepada masyarakat luas.

Masih di tempat sama, Pimcab BRK Pasirpengaraian, Bobby Ferdian, mengatakan BRK siap mendukung dan kerjasama dengan Bapenda untuk transaksi pembayaran pajak sistem online, serta membantu pemerintah daerah untuk pengelolaan keuangan lebih efektif, transparan dan akuntabel.

Sebagai bank daerah, tambah Bobby, tentu BRK Cabang Pasirpengaraian mensupport Bapenda Rokan Hulu, sesuai arahan Kemendagri dan Bank Indonesia, yaitu salah satunya setiap transaksi harus dilakukan sistem non tunai.

"Dengan Pajak Daerah Langsung (PDL) ada sembilan pajak daerah yang dikembangkan Bapenda Rohul agar masyarakat dan wajib pajak diberi kemudahan membayar pajak," jelas Bobby.

BRK Cabang Pasirpengaraian, sambung Bobby, selalu hadir dalam memberikan layanan dan kemudahan ke masyarakat atau wajib pajak di Kabupaten Rokan Hulu sehingga mendapat pelayanan baik dan prima.

"Dengan harapan Pencatatan Pendapatan Daerah juga lebih efektif efisien dan akuntabel. Pada tahap awal wajib pajak harus datang ke counter atau teller yang ada di BRK. Namun ke depan kita akan kembangkan e-Channel ATM dan pembayaran elektronik," ungkap Bobby.

"Ke depan juga tersedia di e-Comerce dan sudah kita kembangkan kerjasama dengan Gopay dan lainnya, sudah kita lakukan kerjasama, sehingga masyarakat diberi kemudahan di manapun dan kapanpun mereka bisa bayar pajak untuk meningkatkan PAD Rokan Hulu," tambahnya.

Sementara, Erwan, salah seorang wajib pajak mengapresiasi inovasi dilakukan Bapenda Rokan Hulu dan BRK Cabang Pasirpengaraian dengan memanfaatkan teknologi informasi menciptakan layanan penerimaan pembayaran pajak daerah secara online.

Selaku masyarakat dan wajib pajak, Erwan yang juga Kabid PIKP Diskominfo Kabupaten Rokan Hulu ini sangat mendukung dan mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Bapenda Rokan Hulu dan BRK dalam memberikan kemudahan membayar pajak secara online.

"Saya sendiri merasa ada kemudahan saat membayar pajak sarang burung walet dengan sistem online ini, karena lebih efektif dan efisien serta diproyeksi bisa meningkatkan PAD Rokan Hulu," tandas Erwan.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012