Home > Bisnis Terkini >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 15 Nopember 2019 13:10
BRK Pangkalankerinci Jelaskan  Salah Input Penyaluran Gaji Guru di Pelalawan

Jum’at, 15 Nopember 2019 10:48
Bupati Kuansing Sampaikan Amanat Menkes Dalam Peringatan HKSN

Jum’at, 15 Nopember 2019 08:34
Turun Dibanding Sebelumnya, Gubri Terima Dipa dari Presiden Jokowi

Jum’at, 15 Nopember 2019 08:11
Pemkab Kuansing Sukses Minta Pusat Bangun Tiga Puskesmas Rawat Inap

Jum’at, 15 Nopember 2019 07:47
Kejuaraan Internasional di Malaysia, Pemanah Pelalawan Rebut 2 Perunggu

Jum’at, 15 Nopember 2019 07:28
Tanam 1000 Pohon, Bupati Mirsini Puji Anak Muda Kuansing

Kamis, 14 Nopember 2019 19:09
Kecelakaan, Siswa SMPN 3 Mandau Tewas di Bonai Darussalam, Rohul

Kamis, 14 Nopember 2019 18:31
Gubri Paparkan Strategi Kemajuan Kebudayaan

Kamis, 14 Nopember 2019 18:21
Disdikpora Rohul Evaluasi Kegiatan DAK 2019, Sampai November Realisasi Diatas 50 Persen

Kamis, 14 Nopember 2019 18:10
Wedding Expo, Prime Park Tawarkan Wedding Paket

loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 28 Juli 2015 21:33
Group APRIL Luncurkan Program Desa Bebas Api

Sebagai bentuk komitment menjaga lingkungan, APRIL Group meluncurkan program Desa Bebas Api. Peluncuran ditandatangani dengan komitmen bersama.

Riauterkini-PEKANBARU-Untuk meminimalisasi pembukaan lahan dengan cara bakar oleh masyarakat serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang karhutla, PT RAPP (unit bisnis group APRIL) menggelar Program Desa Bebas Api Selasa (28/7/15).

Kegiatan peluncuran Program Desa Bebas Api ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama pencegahan kebakaran huŞan dan lahan Desa Bebas Api oleh 9 Kepala Desa/Lurah (Desa Sering, Desa Petodaan, Desa Kuala Panduk, Desa Kuala Tolam, Desa Teluk Binjai, Kelurahan Teluk Meranti, Desa Pulau Muda dan Desa Segamai), Bupati Pelalawan, Plt Gubernur Riau dan Jendral TNI Moeldoko.

Program Desa Bebas Api bertujuan untuk menciptakan desa bebas kebakaran melalui kolaborasi antara group APRIL dengan masyarakat serta pemangku kepentingan dan lembaga penegak hukum.

Hadir dalam peluncuran Program Desa Bebas Api, mantan Panglima TNI, Jendral TNI Moeldoko, Plt Gubri, Andi Rachman, Bupati Pelalawan, HM Haris, Danrem 031 Wirabima, Brigjend TNI Nurendi, Kapolda Riau, Brigjend Polisi DB Hermawan dan perwakilan Danlanud Pekanbaru, Camat Pelalawan dan Camat Teluk Meranti serta Kepala Desa/Lurah dari 9 desa penerima bantuan biaya pembersih lahan pertanian.

Menurut Direktur RAPP Group, Rudi Fajar mengatakan bahwa APRIL Group memfokuskan diri untuk meningkatkan kerjasama komunitas dengan menggandeng masyarakat dan pemerintah daerah serta LSM lokal merupakan kunci utama untuk perubahan jangka panjang secara langsung karena menyentuh akar permasalahan yang selama ini menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

"Caranya dengan menyediakan alternatif lain untuk pembukaan lahan tanpa bakar yang sejalan dengan komitment perusahaan terhadap pengelolaan hutan berkelanjutan di dalam maupun di luar kawasan konsesi perusahaan," terangnya .

Kesuksesan dari program yang berbasiskan komunitas ini menurut Rudi Fajar telah mendorong perusahaan untuk meningkatkan upaya edukasi dan peningkatan kualitas masyarakat dalam memahami permasalahan lingkungan.

Menurutnya, program desa bebas api ini terdiri daru 5 program. Yaitu program village reward. Program bantuan pembangunan desa dimana desa yang menjaga lahan desanya bebas dari kebakaran lahan sampai dengan bulan Oktober 2015 akan mendapatkan penghargaan sebesar Rp 100 juta dalam bentuk program.

Kemudian, tambahnya, program crew leader. Yaitu program yang berfungsi mengkoordinir program di desa dan penghubung antar desa, perusahaan, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya guna mensinergikan pencegahan dan pemadaman kebakaran lahan.

Lalu, agriculture assistance. Sebuah program bantuan untuk pembukaan lahan pertanian dimana perusahaan akan memberikan alternativ bantuan dan asistensi kepada masyarakat yang ingin membuka lahan pertanian tanpa membakar dengan menggunakan peralatan mekanis.

"Program ke empat adalah program community awareness. Yaitu program peningkatan kepedulian dan pemahaman masyarakat atas dampak kebakaran lahan terhadap lingkungan, ekonomi dan kesehatan. Terakhir adalah program air quality. Yaitu program yang memantau kualitas udara dengan menggunakan tehnologi pemantauan kualitas udara yang berdasarkan data dan fakta di lapangan," terang Rudi Fajar.

Kelima program yang menyatu di program Desa Bebas Asap tersebut bertujuan untuk menciptakan desa bebas api melalui kerjasama antara masyarakat, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya termasuk dengan aparat penegak hukum dan LSM, meningkatkan pemahaman dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta meningkatkan productivitas guna mencegah kerugian semua pihak.

Mantan Panglima TNI, Jendral Moeldoko yang turut hadir mengatakan bahwa kebakaran hutan dan lahan di Riau sudah menjadi isu nasional bahkan internasional. Isu tersebut kurang menguntungkan bagi Indonesia.

Untuk itu, tambahnya, perlu ada program-program trobosan yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah lingkungan tersebut.

"Program Desa Bebas Api merupakan program yang sangat efektif dalam upaya mencegah Şerjadinya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi. Saya sangat mengapresiasi program yang langsung mengena ke sasaran tersebuŞ. Karena selama ini kegiatan yang dilakukan terkait karhutla hanya untuk penanggulangan dan penanganan karhutla. Program desa bebas api ini justru program yang dilakukan untuk mencegah terjadinta karhutla. Saya berharap agar bisa dilaksanakan di seluruh wilayah di Indonesia yang rentan terjadinya karhutla," terang Moeldoko.

Sementara, Strategic Fire Manager RAPP, Craig Tribolet mengatakan bahwa Group APRIL telah menerapkan kebijakan pembukaan lahan şanpa bakar sejak perusahaan beroperasi tahun 1993. Diperkirakan kerugian yang di derita karena kebakaran hutan dan lahan sejak 2009 mencapai 140 juta USD.

"Untuk mengantisipasnya, perusahaan telah menginvestasikan dana sebesar 6 juta USD hanya untuk perlengkapan kebakaran hutan dan lahan sana. Kita juga sudah mengeluarkan dana sebesar 3-4 juta UDD pertahun untuk membangun tim penangulangan kebakaran huŞan dan lahan," terangnya.

Pada tingkat daerah, tambahnya, group APRIL telah menyediakan helikopter dan pompa air serta pelatihan pemadaman kebakaran untuk 630 sukarelawan dari 39 desa di Riau.

Bupati Pelelawan memberikan apresiasi terhadap program Desa Bebas Api. Menurutnya kegiatan ini merupakan kali kedua setelah tahun lalu dilaksanakan. Bukan hanya upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, juga pencegahan perambahan hutan.

"Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan harus dipastikan adanya pemahaman yang baik dengan adanya dampak positif bagi pembangunan desa. Karena program desa bebas api ini sama artinya dengan upaya pemerinŞah meningkatkan pembangunan lingkungan dan sosial di pedesaan," terangnya.***(H-we)

Foto: Salah satu kepala desa menandatangani komitment bersama pencegahan kebakaran huan dan lahan desa bebas api.

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Bisnis Terkini Lainnya..........
- Wedding Expo, Prime Park Tawarkan Wedding Paket
- Hits Demam Kuliner Korea, Patbingsoo SKA Pekanbaru Sediakan Promo 5 Ribu Jamsil Bingsoo
- Radikal, Belanja di Rabbani Berhadiah Mobil
- Hadirkan Menu Unik, Martabak Sherif Pekanbaru Ciptakan Roti Canai Tissue Menara Eiffel
- Bawa Pulang Hadiah Mobil dari Mal SKA, Hendra Paulus Merasa Dapat Rezeki Tak Terduga
- Cerita Dua Nasabah BRI Pangkalan Kerinci Ketika Dinyatakan Dapat Grand Prize Mobil
- Shop and Win SKA Family Card Periode X, Hendra Paulus Bawa Pulang Grand Prize Mobil Rush
- Hotel The Zuri Dumai Usung Konsep Millenial, Modern dan Mewah
- Hadirkan Penampilan 120 Musisi, Bono Jazz Festival 2019 Semarakkan HUT ke 14 Mal SKA
- Semarakkan Dunia Kuliner, DCC Launching Buku Cake & Snack Favorit
- Smartfren Umumkan Pemenang Program Undian Wow Smartfren Tahap Pertama.
- Dukung Pertumbuhan Industri di Riau, Trakindo Gelar Roadshow 2019
- Indosat Ooredoo dan Facebook Luncurkan Kampanye “Internet 1O1”
- Telkomsel Terima Penghargaan Dari Pemerintah Kabupaten Natuna
- Bank Riau Kepri Syariah Buka Kantor Kas di Kemenag Rokan Hulu
- Sensasi Heboh Monster Burger Sajian Prime Park Hotel Pekanbaru
- Ratusan Pensyiar Baitullah Ikuti Pelatihan,
NSK Group Bagikan 1000 botol Air Zam-zam dan Undang RTM

-
- Sensasi Seru Musim Dingin, Mal SKA Hadirkan Wahana Ice Skating Perdana di Pekanbaru
- 2019, IM3 Ooredoo Tambah 200 Bts


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com