Home > Lingkungan >>
Berita Terhangat..
Rabu, 22 September 2021 20:53
Sengketa Lahan, PN Bengkalis Tolak Permohonan Buyung Nahar Gugat Presiden

Rabu, 22 September 2021 20:21
Pelaku Pencuri Kabel di RSUD Puri Husada Tembilahan Berhasil Diringkus Polisi

Rabu, 22 September 2021 16:49
Pemprov Silahkan Kejari Kuansing Periksa Kadis ESDM Riau

Rabu, 22 September 2021 16:44
Bupati Pelalawan Harapkan HIPMI Jadi Leader Penggerak Ekonomi Pelalawan

Rabu, 22 September 2021 16:38
Bentrok Eks Karyawan PT Padasa, Ini Penjelasan Polres Kampar

Rabu, 22 September 2021 16:34
Dipimpin Ginda, Paripurna DPRD Pekanbaru Berjalan Lancar

Rabu, 22 September 2021 16:32
Dibuka Camat Mandau, MTQ Air Jamban Ke - 2, Berlangsung Meriah

Rabu, 22 September 2021 16:27
Evakuasi Anak-Anak Ditengah Konflik, Begini Penjelasan TNI AU

Rabu, 22 September 2021 15:08
Terapkan Prokes dengan Ketat, Pelatihan Public Speaking IMM PK Hisyam Berlangsung Sukses

Rabu, 22 September 2021 13:36
Tim Yustisi Covid-19 Inhil SIdang di Tempat 3 Pelanggar Prokes


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 22 Juli 2021 21:09
Gerak Cepat, Petugas Gabungan Padamkan Karhutla di SM GSK Bengkalis

Tim gabungan berhasil padamkan Karhutla yang terjadi di kawasan lindung SM GSK Desa Tebing Serai, Kecamatan Talang Muandau, Bengkalis. Belum diketahui pasti luas dan penyebab kebakaran itu.

Riauterkini-TALANGMUANDAU- Tim Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT. Arara Abadi-APP Sinar Mas selesai membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bersama Tim Manggala Agni, TNI/Polri dan Masyararakat Peduli Api (MPA) yang terjadi di luar konsesi perusahaan tepatnya di kawasan lindung Suaka Margasatwa Gila Siak Kecil (SM GSK) Desa Tebing Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis yang terbakar sejak Rabu (21/07/21) kemarin.

Petugas sebelumnya juga melakukan penyelamatan rumah mayarakat setelah terancam adanya Karhutla di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti pada Lebaran Idul Adha (20/7/21) lalu.

Belum diketahui pasti penyebab Karhutla yang mengancam kawasan konsesi perusahaan PT. Arara Abadi di Distrik Duri 1 Melibur, tepatnya sekitar 1,6 kilometer (KM) dari batas luar konsesi perusahaan.

Disampaikan Fire Marshal PT. Arara Abadi Distrik Duri 1 Melibur, Sidik Effendi, bahwa api mulai terdeteksi di luar konsesi perusahaaan oleh tim patroli perusahaan melalui Menara Api, Rabu (21/7/21) sekitar pukul 15.00 WIB kemarin, dan diperkirakan vegetasinya adalah semak belukar.

Memperoleh hasil pantauan itu, dengan gerak cepat RPK menurunkan satu regu dan juga satu regu MPA dibantu dua orang masyarakat, langsung melaporkan hal ini kepada pihak terkait, baik aparat pemerintah daerah setempat mapun kawan-kawan dari Manggala Agni dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) yang mempunyai tanggung jawab terhadap wilayah tersebut.

Hingga tengah malam, tim RPK bekerja memadamkan Karhutla di kawasan SM GSK tersebut sampai bantuan dari tim lainnya tiba di lokasi dan melakukan upaya pengendalian.

"Alhamdulillah api sudah terkendali dan padam serta tinggal pendinginan, mudah-mudahan sore sampai malam ini RPK PT. Arara Abadi beserta tim tetap bekerja dan bisa keluar dari lokasi kebakaran," ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan BKSDA Riau, Herman Arwan menyampaikan terima kasih kepada RPK dan tim gabungan bersama masyarakat yang telah berpartisipasi dalam melakukan pemadaman di SM GSK.

"Terima kasih kepada seluruh petugas yang berjibaku dengan cepat tanggap mengendalikan Karhutla di kawasan lindung ini," sebutnya.

Babinsa Desa Tasik Tebing Serai, Serda B. Sinaga, juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim yang ikut serta memadamkan Karhutla.

”Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim RPK Distrik Duri 1 Melibur PT Arara Abadi, dan Anggota BBKSDA, Anggota Manggala Agni, dan MPA Desa Tasik Tebing Serai yang telah bersama-sama ikut serta berpartisipasi memadamkan Karhutla,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau, M. Edy Afrizal mengapresiasi langsung langkah pemadaman oleh Tim RPK PT. Arara Abadi bersama Manggala Agni, Tim BBKSDA, TNI/Polri, MPA dan masyarakakat.

"Apresiasi buat kawan-kawan yang berjibaku di lapangan, kami mengimbau, tingkatkan patroli rutin dalam rangka mendeteksi secara dini kejadian Karhutla dengan tetap melibatkan masyarakat, sinergitas antar pihak terkait, menjalin komunikasi dan koordinasi yg baik. Kita semua harus tetap waspada karena kita sudah berada pada puncak musim panas, yang terpenting sosialisasi pencegahan Karhutla ke masyarakat terus menerus dilakukan. Terakhir, kami imbau tetap jaga kesehatan dan keselamatan dalam bertugas, padamkan api tersebut selagi masih kecil jangan tunggu api membesar, kita berharap dimasa cobaan pandemi ini, semoga tahun 2021 ini Riau bebas bencana kabut asap,” harap Edy.***(dik/rls)



Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita lainnya..........
- Tim BBKSDA Riau Lepas Liarkan Python Reticulatus ke Habitatnya
- Jelang Akhir Tahun, Kapolres Minta 70 Persen Masyarakat Kuansing Sudah Divaksin
- Mengecat Gapura, Pekerja Bangunan di Pekanbaru Kesetrum
- Setahun Rusak Ditabrak Tongkang, Dermaga Ransang, Pelalawan Belum Diperbaiki
- Harimau Penyerang Pekerja PT Uniseraya Tertangkap
- Sepekan Berlalu, Intruksi Buka Jalan Bupati Kuansing tak Digubris PT DPN
- Lestarikan Bumi Saat Pandemi, Apical Grup Bersinergi dengan Masyarakat Ciliwung


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com