Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 21 Oktober 2017 15:14
Waspada akan Diabetes Mellitus, Prodia Gelar Seminar Dokter

Sabtu, 21 Oktober 2017 14:42
5 Bulan Tak Terima Gaji, Honorer di Duri Mulai Galau

Sabtu, 21 Oktober 2017 13:48
Liga Dangdut Indonesia, 5 Remaja Riau Berlaga di Kancah Nasional

Sabtu, 21 Oktober 2017 13:20
Warga Kopah, Kuansing Nyaris Tewas Ditembak Maling Kerbau

Sabtu, 21 Oktober 2017 13:14
Pemred Riauterkini.com Terpilih Pimpin AMSI Wilayah Riau

Sabtu, 21 Oktober 2017 12:31
Simpan Sabu di Botol Permen, Warga Bathin Solapan, Bengkalis Ditangkap Polisi

Sabtu, 21 Oktober 2017 12:02
Oktober 2017, Realisasi PADi Bapenda Pekanbaru Tembus Rp 375 Miliyar

Sabtu, 21 Oktober 2017 07:34
Waka DPRD Riau Bantu Murid Nunggak SPP dan Dikeluarkan Sekolah

Sabtu, 21 Oktober 2017 07:26
Pemuda Ujung Batu, Rohul Taja Turnamen Futsam Peringati Sumpah Pemuda

Jum’at, 20 Oktober 2017 22:12
DPP PDIP Benarkan SK Usung M Harris-Yopi Ariyanto di Pilgubri 2018

loading...



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Sabtu, 3 Agustus 2013 20:09
Jamaah Majelis Zikir Al-Hidayah Rohul Buka Bersama dan Santuni Anak Yatim

Digelar buka bersama Jamaah Majelis Zikir Al Hidayah Rokan Hulu. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan santunan untuk anak yatim.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Ribuan jamaah Majelis Zikir Al-Hidayah Kabupaten Rokan Hulu biasa disebut 'Perwalian Zikir Asia Tenggara' menggelar berbuka puasa Ramadhan 1434 H bersama dan menyantuni anak yatim.

Buka puasa digelar di Surau Al-Hidayah, Kampung Baru, Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah, Jumat sore (2/8/2013), dihadiri Pimpinan Majelis Zikir Asia Tenggara Erizal ST bergelar KH Syekh Maulana Said Sulaiman Rahmatullah, Amir Mahkamah Syariah se-Asia Tenggara Syahril Topan bergelar Tuan Guru Maulana Muhammad Masrif Rahmatullah.

Acara berbuka puasa juga dihadiri ribuan jamaah majelis dari 16 kecamatan di Rohul, serta jamaah asal Riau, Sumatera Barat dan Jambi. Acara diawali dengan tausiah. Usai berbuka, jamaah melanjutkan Shalat Maghrib berjamaah di Surau Al-Hidayah yang penuh sejarah tersebut. Kemudian, usai Shalat Isya, acara dilanjutkan dengan tausiah lagi, dan dilanjutkan dengan menyantuni 150 anak yatim dari 16 kecamatan di Rohul.

Menurut Pimpinan Majelis Zikir Asia Tenggara, KH Syekh Maulana Said Sulaiman Rahmatullah, acara berbuka puasa jamaah Majelis Zikir merupakan kegiatan rutin sejak lima tahun terakhir, dimana majelis ini berdiri. Acara sendiri sengaja dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Tujuan acara berbuka puasa di ujung Ramadhan ini adalah kebersamaan, apalagi bertepatan ada libur sekolah anak-anak yatim yang kita sekolahkan," kata Syekh Maulana Said.

Menurut Syekh Maulana Said yang akrab disapa Erizal juga Wakil Ketua DPRD Rohul ini, lima tahun terakhir, jumlah jamaah Perwalian Zikir Asia Tenggara sudah ratusan ribu orang. Majelis ini sendiri sudah menyebar di seluruh kawasan pulau Sumatera, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, termasuk hampir di seluruh Provinsi Riau.

"Ini sudah berlangsung lima tahun terakhir. Tujuan majelis ini adalah untuk memperbaiki tauhid umat. Bersama-sama kami mengurus umat dan anak-anak yatim," ujarnya.

Menurut Erizal, awalnya hanya 9 jamaah yang ada di Perwalian Zikir Asia Tenggara. Lambat laun, atau lima tahun terakhir, majelis ini sudah berkembang hampir di seluruh negara Asia seperti India, Hongkong, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Bruneidarussalam.

"Di seluruh kecamatan di Rokan Hulu sendiri, jumlah surau ada 35 buah. Sebagai pusat Perwalian Zikir Asia Tenggara, majelis zikir kita terus melakukan pengembangan," jelas Erizal.

Tujuan lain dari buka puasa bersama, lanjut Erizal, juga berfungsi sebagai ajang silaturahim jamaah dalam rangka memperkuat diri masing-masing dan mengajak umat agar taat kepada Allah SWT.

Sementara, Amir Mahkamah Syariah se-Asia Tenggara Syahril Topan yang bergelar bergelar Tuan Guru Maulana Muhammad Masrif Rahmatullah mengatakan majelis ini terus berupaya mengembalikan pemurnian Akidah umat, tepatnya gerakan memurnikan akidah sesuai Alqur'an dan hadist. "Mudah-mudahan, dengan acara seperti ini, jaringan majelis ini semakin berkembang," kata Topan.

Hal senada juga dikatakan Tuan Guru Syarif Rahmatullah. Sebagai orang pertama di majelis itu, dia mengatakan majelis tersebut berupaya meluruskan keyakinan umat, seperti tidak mempercayai hal-hal dan benda-benda gaib, namun melaksanakan sesuai yang dituntut tauhid.

Masih di tempat sama, Wakil Khalifah Bidang Pengembangan Umat, Dedi Hasmon bergelar Tuan Guru Maulana Muhammad Hamzah Rahmatullah menjelaskan majelis ini Bagian dari pengembangan perwalian untuk menyatukan persepsi dan mempercayai satu tuhan, bahwa tidak ada tuhan selain Allah SWT.***(rls/zal)



loading...

Berita Sosial lainnya..........
- 5 Bulan Tak Terima Gaji, Honorer di Duri Mulai Galau
- Liga Dangdut Indonesia, 5 Remaja Riau Berlaga di Kancah Nasional
- Pemred Riauterkini.com Terpilih Pimpin AMSI Wilayah Riau
- Waka DPRD Riau Bantu Murid Nunggak SPP dan Dikeluarkan Sekolah
- Pemuda Ujung Batu, Rohul Taja Turnamen Futsam Peringati Sumpah Pemuda
- Ajak Kawula Muda Malming di Mesjid,
Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran Gelar Talkshow Jodis

- Kepala Berdarah, Kapolresta jadi Korban Demo Anti Jokowi Ricuh


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.80.10.56
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com