Untitled Document
Ahad, 11 Rabiul Akhir 1436 H |
Home > Sosial>>

Berita Terhangat...
Ahad, 1 Pebruari 2015 15:49
Polisi Ringkus Sepasang Kekasih Spesialis Pencurian Rumah Kos

Ahad, 1 Pebruari 2015 15:44
BPOM Uji Apel, Diskes Riau Instruksikan Tarik Apel Berbakteri Listeria

Ahad, 1 Pebruari 2015 15:42
Sempena HUT ke-65, Warga Antusias Hadiri Baksos di Pangkalan Serik Siak Hulu

Ahad, 1 Pebruari 2015 15:38
24 Aki Milik Tri di Tower PT XL di Kabupaten Rohul Dicuri OTK

Ahad, 1 Pebruari 2015 15:36
5 Diduga Pencuri Kabel EMP MSMalacca Strait Diringkus Tim Opsnal Polsek Merbau

Ahad, 1 Pebruari 2015 15:31
Rumah Bulatan di Jalan Serayu, Pekanbaru Diamuk si Jago Merah

Ahad, 1 Pebruari 2015 15:24
Dua Perusahaan dan Satu Lahan Koperasi,
Musim Kemarau, Mulai Terdeteksi Sembilan Titik Api di Rohil




Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 12 Juli 2012 21:21
Walikota Dumai Serahkan e-KTP Secara Simbolis pada Warga

Proses perekaman data e-KTP di Kota Dumai dilanjutkan dengan pembagian. Secara simbolis Walikota Khairul Anwar menyerahkan kepada masyarakat.

Riauterkini-DUMAI- Penyerahan Kartu Tanda Pendudukan Elektronik (e-KTP) kepada masyarakat secara simbolis di berikan oleh Walikota Dumai H Khairul Anwar SH di Kantor Camat Bukit Kapur, Jalan Putri Tujuh, Kamis (12/7/12) pagi tadi.

Dengan adanya penyerahan itu, Walikota Dumai H Khairul Anwar, berharap dengan terbitnya e-KTP tidak ada KTP ganda lagi dan e-KTP juga dapat menjadi bank data dalam perolehan database kependudukan serta dipergunakan untuk dasar pengambilan kebijakan program pemerintah pada masa mendatang.

"Penyerahan e-KTP ini merupakan hasil kerja sama dari seluruh aparat dan isntansi terkait seperti Dinas Pencatatan Sipil, pihak kecamatan, Kelurahan RT, RW dan instansi terkait lainnya yang turut menukseskan program e-KTP dari Pemerintah Pusat," ungkapnya dihadapan masyarakat Dumai Timur.

Dikatakan Khairul, e-KTP merupakan salah satu program strategis nasional dibidang administrasi kependudukan yang pelaksanaannya harus disukseskan. Tujuannya, untuk pemutakhiran data kependudukan. Dengan adanya program e-KTP, kedepan diharapkan tidak adalagai identitas ganda yang sebelumnya marak terjadi.

"Satu warga bisa memegang lebih dari satu identitas diri. Maka dari itu seluruh masyarakat harus mendukung program e-KTP dengan cara mensukseskannya. Namun demikian, saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut serta mensukseskan program e-KTP di Kota Dumai," ungkapnya.

Dengan adanya mendukung program e-KTP ini, kata dia, bisa menjadikan Kota Dumai salah satu daerah di Riau yang berhasil melaksanakan program e-KTP tepat waktu yang di buktikan dengan diberinya penghargaan oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi kepada pemerintah kota Dumai baru-baru ini di Pekanbaru.

Kemudian dirinya menegaskan kepada Camat dan lurah agar membagikan e-KTP ini benar-benar kepada pemiliknya, dan dalam pengambilan e-KTP ini jangan sepeserpun masyarakat dikenakan biaya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai, Nizam mengatakan bahwa pada e-KTP hanya terdapat satu nomor induk kependudukan (NIK) yang tidak dapat digandakan, pasalnya dalam perekaman data e-KTP sudah menggunakan teknologi canggih, seperti merekam sidik jari dan scan iris mata yang dibenamkan kedalam cip e-KTP.

"Sebelum melaksanakan program e-KTP, saya terlebih dahulu melakukan pemutakhiran data kependudukan secara massal pada 2010, dan dilanjutkan dengan pemberian nomor induk kependudukan (NIK) kepada penduduk pada 2011, dan pada saat itu sebanyak 285.335 jiwa 72.686 KK terdaftar sebagai masyarakat Dumai," paparanya.

Selanjutnya pada bulan Oktober 2011, Pemerintah Kota Dumai mengawali program input data e-KTP yang dilaksanakan secara bertahap melalui kantor Camat masing-masing. Kata Nizam, Perekaman data penduduk di Dumai ditargetkanoleh Menteri Dalam Negeri sebanyak 42,701 wajib KTP, dan sampai hari ini terealisasi perekaman data tersebut berjumlah 138.445 orang/jiwa atau 97,02 Persen, dan yang belum perekaman data sebanyak 4.256 orang atau lebih kurang 3 Persen.

"Dari 138,445 orang yang sudah melakukan perekaman data, sampai saat ini sudah tercetak dan diterima e-KTP sebanyak 115.000 lembar atau 83,07 persen. Sedangkan yang belum tercetak sebanyak 23.445 orang. Mudah-mudahan dengan adanya pembagian e-KTP ini masyarakat Dumai tidak adanya yang memiliki kartu indentitas ganda," pungkasnya.***(had)




Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita Sosial lainnya ..........
- BPOM Uji Apel, Diskes Riau Instruksikan Tarik Apel Berbakteri Listeria
- Sambut Imlek, PDDI Donor Darah di Baganbatu Rohil
- Dishub Hanya Gertak Sambal,
Mobil Berat Kembali Bongkar Muat Gunakan Badan Jalan di Duri

- Pedagang Masih Jual Apel AS,
Disperindag Inhil Diminta Lakukan Sidak

- Pemko Pekanbaru ‎Serap Aspirasi Masyarakat Bersama Kompak
- Peringati Bulan K3,
RAPP Gelar Lomba Pemadam Kebakaran

- Warga Pasir Penyu Idamkan Sosok Mukhtarudin sebagai Pembaharu Inhu


Untitled Document
Untitled Document | IP Anda : 54.159.218.151
All Right Reserved 2003-2005 @ Riauterkini.com