Our Official Website
www.aprilasia.com
 
 
Rabu, 3 Safar 1436 H |
 
Senin, 14 Nopember 2011 17:58
Panglima TNI Buka Latsitarda 32 di Dumai

Riauterkini-DUMAI- Taruna Akademi TNI/Polri dan Mahasiswa sangat peduli terhadap permasalahan bangsa dan negara, dan sebagai generasi penerus bangsa senantiasa terpanggil serta siap membantu kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat. Demikian dikatakan Panglima TNI Laksama TNI Agus Suhartono saat membuka Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke 32 di Kota Dumai, Senin (14/11/11) kepada sejumlah awak media.

Panglima TNI, menambahkan Latsitarda Nusantara yang melibatkan Taruna dan komponen bangsa lainnya seperti Mahasiswa, berbagai unsur Pemuda, Pelajar dan masyarakat pada umumnya, didedikasikan sebagai upaya untuk membangun dan memperkokoh nilai kesatuan pengabdian antar TNI, Polri, Mahasiswa dan masyarakat, sehingga akan menjadi fundamen yang kokoh bagi terwujudnya “kemanunggalan TNI-Polri dengan Rakyat”, dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa, yang dewasa ini menuntut revitalisasi dan penyegaran.

Oleh karena itu Panglima TNI berharap agar seluruh peserta Latsitarda, pimpinan TNI-Polri sangat mengharapkan adanya jalinan komunikasi dan interaksi yang baik antara generasi penerus TNI-Polri, Mahasiswa dan masyarakat setempat, karena keharmonisan hubungan TNI-Polri, Mahasiswa dan rakyat akan memberikan kontribusi yang sangat positif bagi stabilitas keamanan di daerah, maupun dalam skala nasional.

Namum sebelum membuka Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda) ke-32 di Kota Dumai. Panglima TNI sebelum menggelar upacara bersama yang di pusatkan di lapangan Bukit Gelanggan Jalan HR Soebrantas Kecamatan Dumai Timur. Setelah usai melaksanakan upacara bersama, Panglima TNI melakukan pelepasan grub dramben dari usur Akademi TNI-Polri dan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pusat helat akabar Hari Nusantara (Harnus) XII di Pelabuhan TPI Purnama Kecamatan Dumai.

Dikatakan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, adapun kegiatan yang dilakukan oleh anggota Latsitarda di Kota Dumai, diantaranya tidak hanya bersifat fisik seperti perbaikan jalan, pembukaan jalan, pembangunan rumah ibadah, rehabiltasi rumah layak huni, namun juga akan diisi dengan kegiatan nonfisik seperti penyuluhan kesehatan dan pemantapan nilai kejuangan dan pengobatan massal.

Sementara ikut kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara ini sebanyak kurang lebih 1.558 orang perserta yang terdiri dari taruna Akpol, Akad, Akal dan Akau serta taruna STPDN dan mahasiswa baik di provinsi Riau dan luar Riau. “Tidak hanya itu dalam rangka pengembangan potensi daerah kegiatan Latsitarda juga menghairkan sejumlah tenga ahli dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) untuk di Kota Dumai,” ungkapnya.

Sedangkan kegiatan rencananya berlangsung selama sebulan, mulai dari 14 November dan ditutup pada saat peringatan Hari Nusantara pada 13 Desember 2011. Kemudian Di Riau selain Dumai, kegiatan Latsitarda juga digelar di Siak, Bengkalis dan Rohil. Terkait dengan kegiatan Latsitarda, dirinya mengatakan, bahwa hal ini sama seperti kegiatan ABRI Masuk Desa pada masa Orde Baru. Bedanya pada kegiatan Latsitarda, seluruh peserta adalah taruna Akademi Meliter dan sipil serta mahasiwa yang masih duduk dibangku pendidikan.

Lebih lanjut, Agus Suhartono menuturkan bahwa pelaksanaan Harnus menjadi momentum untuk meningkatkan pembangunan di Dumai khususnya dan Riau secara keseluruhan. Di samping kegiatan di atas, Harnus juga akan dimeriahkan dengan kegiatan Gerakan Bersih Laut secara serempak di 300 pelabuhan seluruh Indonesia, Latihan Gabungan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat TNI yang melibatkan 3000 orang dengan didukung 9 KRI dan 17 pesawat tempur serta 17 kendaraan tempur, Pameran Industri Pertahanan dan Maritim, puncak acara Harnus diperkirakan akan diikuti 2000 orang, dan Parade Kapal Nusantara.

“Sesuai tema yang diambil adalah pengamanan nusantara, yaitu upaya meningkatkan kemampuan pertahanan dan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menuju negara maritim. Selain saya berkunjung ke Dumai untuk membuka Latsitarda 32, Kunjungan ke Dumai ini merupakan bagian untuk melihat kesiapan akhir dari pelaksanaan puncak acara Harnus karena Presiden direncanakan hadir dalam kegiatan ini,” ujarnya kepada sejumlah awak media lagi.

Walikota Dumai, Khairul Anwar menegaskan bahwa Dumai siap melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan acara Harnus 2011. Untuk itu, Pemerintah Kota Dumai telah menyiapkan Taman Bukit Gelanggang sebagai lokasi puncak acara peringatan Hari Nusantara kedua belas ini. Dalam peringatan kali ini setidaknya terdapat delapan kegiatan yang akan dilaksanakan di Kota Dumai. Dua di antaranya, yaitu Bakti Sosial TNI AL Surya Baskara Jaya yang berhasil melayani 2.782 orang, dan Pelayaran Kebangsaan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari yang diikuti 208 mahasiswa seluruh Indonesia telah selesai dilaksanakan.***(had)


Beri tanggapan | Baca tanggapan

Copyright©PT. Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp)