Untitled Document
Kamis, 14 Jumadil Awwal 1436 H |
Home > Politik >>

Berita Terhangat..
  Rabu, 4 Maret 2015 21:09
Kebakaran Hebat Landa SMPN 2 Tembilahan, Inhil

Rabu, 4 Maret 2015 20:54
Cocokkan DNA, Kuburan Mayat yang Dibakar di Rumbai Akan Dibongkar

Rabu, 4 Maret 2015 20:48
Pilkada Rohul 2015,
DPC PPP Tetapkan Sudirman sebagai Balon Bupati/Wabup


Rabu, 4 Maret 2015 20:43
PAN Segera Tinjau SK Herliyan Saleh Maju Pilkada Bengkalis

Rabu, 4 Maret 2015 20:02
Noer Azisi, Peringkat II DCR 2015 dari Kuansing,
Saya Ingin Jadi Guru yang Keren


Rabu, 4 Maret 2015 19:45
Peningkatan Kasus Amoral Jadi Perhatian Forkominda Inhu

Rabu, 4 Maret 2015 19:38
Hingga Pertengahan Tahun, Disperindag Pastikan Pasokan Beras di Pekanbaru Aman



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Rabu, 10 April 2013 16:52
Pendaftaran Caleg Pakai Keterangan Mundur dari Dewan

Anggota dewan dari partai yang tidak lolos verifikasi boleh merasa lega. Mereka boleh mendaftar sebagai Bacaleg cukup menyertakan surat pengunduran diri dari dewan, tiadk mesti menunggu SK keluar.

Riauterkini-DUMAI- Anggota DPRD Kota Dumai dari Partai Politik yang tak lolos verifikasi untuk peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014 yang ingin menjadi Calon Legislatif (Caleg) dari partai lainnya, maka tetap harus melampirkan surat pengunduran diri sebagai anggota dewan.

“Namun, ada kemudahannya, yaitu tidak harus menunggu SK Pemberhentiannya sebagai anggota dewan. Anggota dewan cuma harus mengajukan surat pengunduran diri ke pimpinan dewan atau ke sekwan. Pimpinan atau Sekwan akan memberikan surat keterangan pengunduran dirinya,” kata Wan Akhyar Abizar, Devisi Teknis dan Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, Rabu (10/4/13).

Menurutnya, kemudahan itu didapatkan setelah KPU Pusat mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Pemilu 2014. Keputusan tersebut untuk menjabarkan tentang peraturan perundang-undangan tentang partai politik dan pemilu.

Selain itu, pendaftaran caleg juga tidak mengharuskan melampirkan SKCK dari kepolisian, bagi yang belum pernah dikuhum pidana. Namun, bagi bacaleg yang pernah dihukum pindana wajib mengisi formulir BB2, dengan melampirkan SKCK.

Mengenai surat keterangan sehat rohani, kata dia, tidak harus dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Pekanbaru, tapi bisa diambil dari Rumah Sakit lainnya yang ada dokter spesialis jiwa atau psyciater. Bahkan, juga bisa diambil dari psyciater praktik berizin. Sementara untuk mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan bebas narkoba dapat dilakukan di RSUD Kota Dumai.

Mengenai persyaratan umur, disebutkannya, harus telah berumur 21 tahun terhitung pada masa akhir pendaftaran caleg pada tanggal 22 April 2013. Bila pada tanggal tersebut belum cukup berumur 21 tahun, maka bacaleg tak lolos administrasi pendaftaran caleg.

Wan Akhyar menambahkan, untuk pendaftaran calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan Provinsi Riau harus menyertakan dukungan, dengan menyertakan sebanyak 3000 foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), minimal dari enam kabupaten/kota di Riau.

“KPU Dumai bertugas untuk memverifikasi dukungan bakal calon DPD, sedangkan pendaftarannya di KPU Provinsi Riau di Pekanbaru,” ucap dia.***(had)




Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita Politik lainnya..........
- Pilkada Rohul 2015,
DPC PPP Tetapkan Sudirman sebagai Balon Bupati/Wabup

- PAN Segera Tinjau SK Herliyan Saleh Maju Pilkada Bengkalis
- Pastikan Stok Beras, Komisi II DPRD Dumai Kujungi Gudang Bulog
- Pilwako Dumai, Ahmad Maritulius Jaring Calon Pendamping
- Tak Punya Icon, Banyak BUMD di Riau Hanya Habiskan Anggaran
- Anggota DPRD Riau Sugianto Nyatakan Minat Ikut Pilkada Pelalawan
- Golkar Susul PKS dan PBB Dukung Irwan Lanjutkan Pimpin Meranti


Untitled Document
Untitled Document | IP Anda : 50.16.75.46
All Right Reserved 2003-2005 @ Riauterkini.com