Untitled Document
Sabtu, 1 Muharram 1436 H |
Home > Politik >>

Berita Terhangat..
  Sabtu, 25 Oktober 2014 16:45
Nurul Huda Terpilih Sebagai Ketua Umum CFCD Chapter Riau

Sabtu, 25 Oktober 2014 15:17
Merasa 'Dicurangi',
Karateka Inhil Walk Out dari Pertandingan


Sabtu, 25 Oktober 2014 15:11
Bersama Ketum KONI Inhil,
Bupati Inhil Peroleh Anugerah dari Kesultanan Banjar


Sabtu, 25 Oktober 2014 15:06
Tim Basket Kuansing Dikalahkan Pekanbaru

Sabtu, 25 Oktober 2014 15:04
Belasan Ribu Warga Duri Tumpah de Jalan Sambut Tahun Baru Islam

Sabtu, 25 Oktober 2014 13:29
Fiesta 2014 di Universitas Andalas, Padang,
Gudep 616 SMAN 1 Hulu Kuantan Wakili Kuansing di Ajang Pramuka Penegak se-Sumatera


Sabtu, 25 Oktober 2014 11:15
Listrik Padam 2 Menit,
Artis Novi Ayla Isi Acara Nada dan Dakwah 1 Muharram di Rohul




Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Rabu, 10 April 2013 16:52
Pendaftaran Caleg Pakai Keterangan Mundur dari Dewan

Anggota dewan dari partai yang tidak lolos verifikasi boleh merasa lega. Mereka boleh mendaftar sebagai Bacaleg cukup menyertakan surat pengunduran diri dari dewan, tiadk mesti menunggu SK keluar.

Riauterkini-DUMAI- Anggota DPRD Kota Dumai dari Partai Politik yang tak lolos verifikasi untuk peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014 yang ingin menjadi Calon Legislatif (Caleg) dari partai lainnya, maka tetap harus melampirkan surat pengunduran diri sebagai anggota dewan.

“Namun, ada kemudahannya, yaitu tidak harus menunggu SK Pemberhentiannya sebagai anggota dewan. Anggota dewan cuma harus mengajukan surat pengunduran diri ke pimpinan dewan atau ke sekwan. Pimpinan atau Sekwan akan memberikan surat keterangan pengunduran dirinya,” kata Wan Akhyar Abizar, Devisi Teknis dan Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, Rabu (10/4/13).

Menurutnya, kemudahan itu didapatkan setelah KPU Pusat mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Pemilu 2014. Keputusan tersebut untuk menjabarkan tentang peraturan perundang-undangan tentang partai politik dan pemilu.

Selain itu, pendaftaran caleg juga tidak mengharuskan melampirkan SKCK dari kepolisian, bagi yang belum pernah dikuhum pidana. Namun, bagi bacaleg yang pernah dihukum pindana wajib mengisi formulir BB2, dengan melampirkan SKCK.

Mengenai surat keterangan sehat rohani, kata dia, tidak harus dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Pekanbaru, tapi bisa diambil dari Rumah Sakit lainnya yang ada dokter spesialis jiwa atau psyciater. Bahkan, juga bisa diambil dari psyciater praktik berizin. Sementara untuk mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan bebas narkoba dapat dilakukan di RSUD Kota Dumai.

Mengenai persyaratan umur, disebutkannya, harus telah berumur 21 tahun terhitung pada masa akhir pendaftaran caleg pada tanggal 22 April 2013. Bila pada tanggal tersebut belum cukup berumur 21 tahun, maka bacaleg tak lolos administrasi pendaftaran caleg.

Wan Akhyar menambahkan, untuk pendaftaran calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan Provinsi Riau harus menyertakan dukungan, dengan menyertakan sebanyak 3000 foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), minimal dari enam kabupaten/kota di Riau.

“KPU Dumai bertugas untuk memverifikasi dukungan bakal calon DPD, sedangkan pendaftarannya di KPU Provinsi Riau di Pekanbaru,” ucap dia.***(had)




Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita Politik lainnya..........
- Perpu Wajibkan Pemilihan di DPRD,
Andy Rachman tak Otomatis Bisa jadi Gubernur Riau

- Silahkan, Sampaikan Aspirasi Lewat Blog Pribadi Ketua DPRD Rohul
- Operasi Mantap Brata 2014 Polres Kuansing Berakhir
- Sebagai Ketua Fraksi PDI-P di DPRD Riau,
Ma'mun Solikhin Akan Gantikan Manahara Manurung

- Rekomendasi Provinsi Riau Pesisir Mulai Dipermasalahkan Wakil Rakyat
- KPU Dumai Tunda Penyusunan Tahapan Pilkada 2015
- Semua Kepentingan Daerah Diperjuangkan Bersama,
Wakil Rakyat dan Senator Riau Bentuk Forum MDD



Untitled Document
Untitled Document | IP Anda : 54.87.75.51
All Right Reserved 2003-2005 @ Riauterkini.com