Untitled Document
Rabu, 3 Safar 1436 H |
Home > Politik >>

Berita Terhangat..
  Rabu, 26 Nopember 2014 21:20
Dewan Mengecam,
FPI Ingatkan Polisi Insiden Musholla RRI Sangat Serius


Rabu, 26 Nopember 2014 21:17
Cukong Perambah Hutan Cagar Biosfer Diamankan Polsek Pinggir

Rabu, 26 Nopember 2014 21:15
Kembali Byarpet, PLN Duri Bikin Jengkel Ratusan Ribu Pelanggannya

Rabu, 26 Nopember 2014 21:06
Operasi Zebra 2014, Polres Rohil Kerahkan 55 Personil

Rabu, 26 Nopember 2014 20:23
Disergap di Jambi, Rampok Penembak Mati Polisi Berhasil Kabur

Rabu, 26 Nopember 2014 20:18
Banyak Dikecam, Polisi Serbu Mahasiswa di Musholla Bakal Ditindak

Rabu, 26 Nopember 2014 20:01
PLTA Buka Pintu Air,
Sejumlah Desa Disepanjang Sungai Kampar Terendam Banjir




Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Sabtu, 2 Maret 2013 07:52
KPU Rohil Usul Tambah Dapil dan Alokasi Kursi di DPRD ke Pusat

Jumlah daerah pemilihan dan kuota kursi DPRD Rohil dirasa kurang. Untuk itu KPU setempat mengusulkan tambahan ke KPU Pusat.

Riauterkini-BAGANSIAPIAPI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir secara resmi mengusulkan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi ke KPU Pusat. Pengusulan itu tetap lima dapil, namun untuk alokasi kursi menjadi 45, bertambah 5 kursi dibandingkan tahun 2009 lalu.

Sebelum diusulkan, KPU Rohil mengundang ketua dan sekretaris 10 partai politik setempat, Jum’at (1/3/13) sore di ruang media centre untuk membahas usulan dapil dalam rapat dipimpin langsung Ketua KPU Rohil Azhar Sakban.

Dapil tersebut berdasarkan jumlah penduduk Rohil 726.369 dengan lima dapil, dapil I Kecamatan Bangko, Sinaboi, Batu Hampar dan Pekaitan (9 kursi, bertambah 1 kursi), dapil II Kecamatan Kubu, Pasir Limau Kapas, Simpang Kanan, Kubu Babussalam (8 kursi, tetap).

Dapil III Kecamatan Rimba Melintang, Bangko Pusako, Tanah Putih Tanjung Melawan (8 kursi, bertambah 2 kursi), dapil IV Kecamatan Bagansinembah (10 kursi, tetap), dapil V Kecamatan Tanah Putih, Pujud dan Rantau Kopar (10 kursi, bertambah 2 kursi).

Ketua KPU Rohil Azhar Sakban usai rapat menegaskan, selambat-lambatnya (2/3/13) usulan itu sudah sampai ke KPU Pusat di Jakarta.

“Kesimpulan alhamdulillah, semua ketua-ketua partai, setuju, dapil yang kita usulkan. Kita sesuai dengan SK menteri jumlah penduduk yang ada, kita lima daerah pemilihan, 45 kursi, ada pertambahan lima kursi,” katanya.

Hal senada diutarakan Agus Salim, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Rohil, sesuai dengan Peraturan KPU Pusat Nomor 5 tahun 2013 tentang Tata Kerja Penyusunan Daerah Pemilihan Umum Legislatif tahun 2014, tetap mengacu kepada dapil tahun 2009 lalu.

“Kita sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 yang dikeluarkan KPU pusat, bahwa daerah pemilihan tetap mengacu kepada pemilu tahun 2009. Bahwa tahun 2009 itu, lima dapil,” katanya.

Dalam peraturan tersebut juga katanya kalau ada perubahan memperhatikan beberapa aspek. “Terutama kepada kedekatan daripada anggota DPR (DPRD, red) yang akan dipilih setiap dapil. Artinya jangan terlalu mencolok, satu dapil dengan dapil lain. Kemudian juga dari segi geografis dan lain hal sebagainya,” katanya..

Memandang hal tersebut, maka KPU Rohil bersama pimpinan partai politik mencapai kesepakatan. “Ada sedikit perubahan, dari dapil tahun 2009. Yaitu pergeseran, satu kecamatan, Tanah Putih Tanjung Melawan, kita masukkan kepada dapil III, yaitu bergabung dengan Kecamatan Bangko Pusako dan Rimbang Melintang,” katanya menyebut perubahan tersebut.

Sehingga dengan pergeseran itu, dapil III menjadi delapan kursi. “Artinya apa, tidak terlalu jauh, dengan dapil-dapil lain. Inilah yang diinginkan dengan peraturan KPU nomor 5 tersebut,” jelasnya.

Kemudian disampaikannya pula, KPU Rohil tidak memutuskan. “Tetapi kita, hak kita hanya mengusulkan, jadi keputusan ini, tetap ditangan KPU Pusat. Kita tunggu nanti, apa keputusan KPU Pusat tentang usulan kita, mudah-mudahan karena ini merupakan usulan kita bersama seluruh partai politik dan KPU, kita harapkan untuk bisa diterima oleh KPU Pusat,” harapnya.***(nop)




Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita Politik lainnya..........
- Sebelum Pembangunan Dilanjutkan,
Bakal Kaji Hasil Audit Jembatan Siak IV

- Golkar Riau Bakal Rapat Bahas Dualisme Munas
- Tiba Pukul 11.30 WIB, Berikut ini Agenda Presiden Jokowi di Riau
- ABM Desak DPRD Tolak LPj Bupati Bengkalis 2014 dan Bentuk Pansus BLJ
- DPRD Dumai Gelar Sosialisasi Fungsi dan Kewenangan
- Sibuk dengan Jokowi, Rapat Terpenting DPRD Riau Terpaksa Ditunda
- Tolak Kenaikan Harga BBM, GPPI Kampar Demo di Gedung DPRD Kampar


Untitled Document
Untitled Document | IP Anda : 54.89.20.246
All Right Reserved 2003-2005 @ Riauterkini.com