Home > Politik >>
Berita Terhangat..
Kamis, 27 April 2017 16:11
Resahkan Sekolah, Polres Bengkalis Selidiki Penjualan Buku ‘Siluman’

Kamis, 27 April 2017 16:03
Bupati Harris Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintah dalam Negeri

Kamis, 27 April 2017 15:37
Tanda Tangan Palsu Bupati Bengkalis,
PT. BRI Serahkan Dokumen Izin Prinsip Asli ke Polisi


Kamis, 27 April 2017 15:26
Sekda Meranti Berharap Pihak Perbankan Bantu Pemda Sejahterakan Rakyat

Kamis, 27 April 2017 15:23
Hadapi El Nino, Status Siaga Karlahut Riau Diperpanjang

Kamis, 27 April 2017 15:19
Wabup Rohil Silaturahmi dengan 15 Kontraktor Chevron

Kamis, 27 April 2017 15:09
Melalui Musda IV, LAM Rohul Pilih Pengurus Baru Periode 2017-2022

Kamis, 27 April 2017 14:59
DPD IPK Rohil Launching Produk Kopi dan Gelar Dialog

Kamis, 27 April 2017 14:13
Beli Sarung Rp600 Juta Saat Defisit Anggaran, Pemko Pekanbaru Dikritik

Kamis, 27 April 2017 13:52
Kredit Fiktif di BNI,
Kepala Kopkar PTPN V dan Dua Karyawan BNI, Ditahan Kejati Riau


 
loading...

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Sabtu, 2 Maret 2013 07:52
KPU Rohil Usul Tambah Dapil dan Alokasi Kursi di DPRD ke Pusat

Jumlah daerah pemilihan dan kuota kursi DPRD Rohil dirasa kurang. Untuk itu KPU setempat mengusulkan tambahan ke KPU Pusat.

Riauterkini-BAGANSIAPIAPI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir secara resmi mengusulkan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi ke KPU Pusat. Pengusulan itu tetap lima dapil, namun untuk alokasi kursi menjadi 45, bertambah 5 kursi dibandingkan tahun 2009 lalu.

Sebelum diusulkan, KPU Rohil mengundang ketua dan sekretaris 10 partai politik setempat, Jum’at (1/3/13) sore di ruang media centre untuk membahas usulan dapil dalam rapat dipimpin langsung Ketua KPU Rohil Azhar Sakban.

Dapil tersebut berdasarkan jumlah penduduk Rohil 726.369 dengan lima dapil, dapil I Kecamatan Bangko, Sinaboi, Batu Hampar dan Pekaitan (9 kursi, bertambah 1 kursi), dapil II Kecamatan Kubu, Pasir Limau Kapas, Simpang Kanan, Kubu Babussalam (8 kursi, tetap).

Dapil III Kecamatan Rimba Melintang, Bangko Pusako, Tanah Putih Tanjung Melawan (8 kursi, bertambah 2 kursi), dapil IV Kecamatan Bagansinembah (10 kursi, tetap), dapil V Kecamatan Tanah Putih, Pujud dan Rantau Kopar (10 kursi, bertambah 2 kursi).

Ketua KPU Rohil Azhar Sakban usai rapat menegaskan, selambat-lambatnya (2/3/13) usulan itu sudah sampai ke KPU Pusat di Jakarta.

“Kesimpulan alhamdulillah, semua ketua-ketua partai, setuju, dapil yang kita usulkan. Kita sesuai dengan SK menteri jumlah penduduk yang ada, kita lima daerah pemilihan, 45 kursi, ada pertambahan lima kursi,” katanya.

Hal senada diutarakan Agus Salim, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Rohil, sesuai dengan Peraturan KPU Pusat Nomor 5 tahun 2013 tentang Tata Kerja Penyusunan Daerah Pemilihan Umum Legislatif tahun 2014, tetap mengacu kepada dapil tahun 2009 lalu.

“Kita sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 yang dikeluarkan KPU pusat, bahwa daerah pemilihan tetap mengacu kepada pemilu tahun 2009. Bahwa tahun 2009 itu, lima dapil,” katanya.

Dalam peraturan tersebut juga katanya kalau ada perubahan memperhatikan beberapa aspek. “Terutama kepada kedekatan daripada anggota DPR (DPRD, red) yang akan dipilih setiap dapil. Artinya jangan terlalu mencolok, satu dapil dengan dapil lain. Kemudian juga dari segi geografis dan lain hal sebagainya,” katanya..

Memandang hal tersebut, maka KPU Rohil bersama pimpinan partai politik mencapai kesepakatan. “Ada sedikit perubahan, dari dapil tahun 2009. Yaitu pergeseran, satu kecamatan, Tanah Putih Tanjung Melawan, kita masukkan kepada dapil III, yaitu bergabung dengan Kecamatan Bangko Pusako dan Rimbang Melintang,” katanya menyebut perubahan tersebut.

Sehingga dengan pergeseran itu, dapil III menjadi delapan kursi. “Artinya apa, tidak terlalu jauh, dengan dapil-dapil lain. Inilah yang diinginkan dengan peraturan KPU nomor 5 tersebut,” jelasnya.

Kemudian disampaikannya pula, KPU Rohil tidak memutuskan. “Tetapi kita, hak kita hanya mengusulkan, jadi keputusan ini, tetap ditangan KPU Pusat. Kita tunggu nanti, apa keputusan KPU Pusat tentang usulan kita, mudah-mudahan karena ini merupakan usulan kita bersama seluruh partai politik dan KPU, kita harapkan untuk bisa diterima oleh KPU Pusat,” harapnya.***(nop)





Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita Politik lainnya..........
- Bupati Harris Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintah dalam Negeri
- Semenanjung Korea Memanas,
Panglima TNI Siapkan Lanud RSN Atasi Ancaman Asing

- Terpilih Sebagai Wagubri,
Wan Thamrin Hasyim Diharapkan Bisa Atasi Sering Diundurnya Paripurna

- Kisruh Koperasi BBDM, Oknum Dewan Bengkalis Diminta Netral
- Sosialisasi Pembatasan BBM Bersubsidi oleh Pemerintah Dianggap Belum Maksimal
- Hadiri Musrengbangnas 2017,
Bupati Pelalawan Bisikkan Teknopolitan ke Presiden Joko Widodo

- Sesuai Tatib, Wagubri Terpilih Akan Dilantik Presiden di Jakarta


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.198.187.30
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com