Home > Politik >>
Berita Terhangat..
Kamis, 19 Januari 2017 22:38
Sidang Meranti Berdarah, JPU Hadirkan Tiga Saksi

Kamis, 19 Januari 2017 22:36
Komisi A DPRD Riau Minta Polda Usut Perusahaaan Pengguna Naker China Ilegal

Kamis, 19 Januari 2017 22:18
Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Areal Kebun PT RAPP Kuansing

Kamis, 19 Januari 2017 22:06
Jualan Togel, Kakek di Duri Huni Hotel Prodeo

Kamis, 19 Januari 2017 21:59
Optimis Diterima Masyarakat, Efendi Pimpin DPC Partai Islam Damai Aman

Kamis, 19 Januari 2017 20:36
Sejalankan Infrastruktur dan Pendidikan,
Gubri Maksimalkan Blusukan ke Daerah Terpencil


Kamis, 19 Januari 2017 20:09
Sekda Pimpin Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah

Kamis, 19 Januari 2017 19:47
Awali 2017, Agung Toyota Luncurkan Kijang Innova New Venturer di Pekanbaru

Kamis, 19 Januari 2017 19:38
Ini Keterangan Polres Inhil Penyebab Kebakaran SPPB PT Era Mandiri di Desa Sungai Perak

Kamis, 19 Januari 2017 19:15
Jalan Tambal Sulam di Siak Rusak Lagi, Dinas PU Riau Surati PT Hasrat Tata Jaya



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Sabtu, 2 Maret 2013 07:52
KPU Rohil Usul Tambah Dapil dan Alokasi Kursi di DPRD ke Pusat

Jumlah daerah pemilihan dan kuota kursi DPRD Rohil dirasa kurang. Untuk itu KPU setempat mengusulkan tambahan ke KPU Pusat.

Riauterkini-BAGANSIAPIAPI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir secara resmi mengusulkan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi ke KPU Pusat. Pengusulan itu tetap lima dapil, namun untuk alokasi kursi menjadi 45, bertambah 5 kursi dibandingkan tahun 2009 lalu.

Sebelum diusulkan, KPU Rohil mengundang ketua dan sekretaris 10 partai politik setempat, Jum’at (1/3/13) sore di ruang media centre untuk membahas usulan dapil dalam rapat dipimpin langsung Ketua KPU Rohil Azhar Sakban.

Dapil tersebut berdasarkan jumlah penduduk Rohil 726.369 dengan lima dapil, dapil I Kecamatan Bangko, Sinaboi, Batu Hampar dan Pekaitan (9 kursi, bertambah 1 kursi), dapil II Kecamatan Kubu, Pasir Limau Kapas, Simpang Kanan, Kubu Babussalam (8 kursi, tetap).

Dapil III Kecamatan Rimba Melintang, Bangko Pusako, Tanah Putih Tanjung Melawan (8 kursi, bertambah 2 kursi), dapil IV Kecamatan Bagansinembah (10 kursi, tetap), dapil V Kecamatan Tanah Putih, Pujud dan Rantau Kopar (10 kursi, bertambah 2 kursi).

Ketua KPU Rohil Azhar Sakban usai rapat menegaskan, selambat-lambatnya (2/3/13) usulan itu sudah sampai ke KPU Pusat di Jakarta.

“Kesimpulan alhamdulillah, semua ketua-ketua partai, setuju, dapil yang kita usulkan. Kita sesuai dengan SK menteri jumlah penduduk yang ada, kita lima daerah pemilihan, 45 kursi, ada pertambahan lima kursi,” katanya.

Hal senada diutarakan Agus Salim, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Rohil, sesuai dengan Peraturan KPU Pusat Nomor 5 tahun 2013 tentang Tata Kerja Penyusunan Daerah Pemilihan Umum Legislatif tahun 2014, tetap mengacu kepada dapil tahun 2009 lalu.

“Kita sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 yang dikeluarkan KPU pusat, bahwa daerah pemilihan tetap mengacu kepada pemilu tahun 2009. Bahwa tahun 2009 itu, lima dapil,” katanya.

Dalam peraturan tersebut juga katanya kalau ada perubahan memperhatikan beberapa aspek. “Terutama kepada kedekatan daripada anggota DPR (DPRD, red) yang akan dipilih setiap dapil. Artinya jangan terlalu mencolok, satu dapil dengan dapil lain. Kemudian juga dari segi geografis dan lain hal sebagainya,” katanya..

Memandang hal tersebut, maka KPU Rohil bersama pimpinan partai politik mencapai kesepakatan. “Ada sedikit perubahan, dari dapil tahun 2009. Yaitu pergeseran, satu kecamatan, Tanah Putih Tanjung Melawan, kita masukkan kepada dapil III, yaitu bergabung dengan Kecamatan Bangko Pusako dan Rimbang Melintang,” katanya menyebut perubahan tersebut.

Sehingga dengan pergeseran itu, dapil III menjadi delapan kursi. “Artinya apa, tidak terlalu jauh, dengan dapil-dapil lain. Inilah yang diinginkan dengan peraturan KPU nomor 5 tersebut,” jelasnya.

Kemudian disampaikannya pula, KPU Rohil tidak memutuskan. “Tetapi kita, hak kita hanya mengusulkan, jadi keputusan ini, tetap ditangan KPU Pusat. Kita tunggu nanti, apa keputusan KPU Pusat tentang usulan kita, mudah-mudahan karena ini merupakan usulan kita bersama seluruh partai politik dan KPU, kita harapkan untuk bisa diterima oleh KPU Pusat,” harapnya.***(nop)





Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita Politik lainnya..........
- Komisi A DPRD Riau Minta Polda Usut Perusahaaan Pengguna Naker China Ilegal
- Optimis Diterima Masyarakat, Efendi Pimpin DPC Partai Islam Damai Aman
- Sejalankan Infrastruktur dan Pendidikan,
Gubri Maksimalkan Blusukan ke Daerah Terpencil

- Sekda Pimpin Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah
- Polemik Wagubri, Gubri Tantang Anggota DPRD Riau Bertemu Dirinya Langsung
- Kerjakan Kembali Honorer, Bupati Kuansing Sebut Perlu Kajian Lebih Lanjut
- Dewan Sahkan RPJMD Kuansing Besok


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda : 54.161.200.170
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com