Untitled Document
Jumat, 7 Muharram 1436 H |
Home > Politik >>

Berita Terhangat..
  Jum’at, 31 Oktober 2014 19:33
Jalankan CSR.
HMI-MPO Meranti Minta Perusahaan Patuhi Aturan


Jum’at, 31 Oktober 2014 19:24
Kapolres Kampar Gelar Coffe Morning dengan Wartawan

Jum’at, 31 Oktober 2014 19:19
DPW Riau Sebut Mukhtamar PPP Kubu Suryadharma Ali Ilegal

Jum’at, 31 Oktober 2014 19:13
GOW Rohul Bantu Alat Sekolah di Rambah Hilir

Jum’at, 31 Oktober 2014 19:10
Keluarkan Surat Edaran.
Kemenag Kampar Menghimbau untuk Sukseskan Perda Keagamaan


Jum’at, 31 Oktober 2014 19:06
Pengurus PWI Meranti dilantik 3 November

Jum’at, 31 Oktober 2014 17:20
Ditinjau Kadishut Kuansing.
Areal Greenbelt PT RAPP Tetap Utuh Terjaga




Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.

Sabtu, 2 Maret 2013 07:52
KPU Rohil Usul Tambah Dapil dan Alokasi Kursi di DPRD ke Pusat

Jumlah daerah pemilihan dan kuota kursi DPRD Rohil dirasa kurang. Untuk itu KPU setempat mengusulkan tambahan ke KPU Pusat.

Riauterkini-BAGANSIAPIAPI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir secara resmi mengusulkan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi ke KPU Pusat. Pengusulan itu tetap lima dapil, namun untuk alokasi kursi menjadi 45, bertambah 5 kursi dibandingkan tahun 2009 lalu.

Sebelum diusulkan, KPU Rohil mengundang ketua dan sekretaris 10 partai politik setempat, Jum’at (1/3/13) sore di ruang media centre untuk membahas usulan dapil dalam rapat dipimpin langsung Ketua KPU Rohil Azhar Sakban.

Dapil tersebut berdasarkan jumlah penduduk Rohil 726.369 dengan lima dapil, dapil I Kecamatan Bangko, Sinaboi, Batu Hampar dan Pekaitan (9 kursi, bertambah 1 kursi), dapil II Kecamatan Kubu, Pasir Limau Kapas, Simpang Kanan, Kubu Babussalam (8 kursi, tetap).

Dapil III Kecamatan Rimba Melintang, Bangko Pusako, Tanah Putih Tanjung Melawan (8 kursi, bertambah 2 kursi), dapil IV Kecamatan Bagansinembah (10 kursi, tetap), dapil V Kecamatan Tanah Putih, Pujud dan Rantau Kopar (10 kursi, bertambah 2 kursi).

Ketua KPU Rohil Azhar Sakban usai rapat menegaskan, selambat-lambatnya (2/3/13) usulan itu sudah sampai ke KPU Pusat di Jakarta.

“Kesimpulan alhamdulillah, semua ketua-ketua partai, setuju, dapil yang kita usulkan. Kita sesuai dengan SK menteri jumlah penduduk yang ada, kita lima daerah pemilihan, 45 kursi, ada pertambahan lima kursi,” katanya.

Hal senada diutarakan Agus Salim, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Rohil, sesuai dengan Peraturan KPU Pusat Nomor 5 tahun 2013 tentang Tata Kerja Penyusunan Daerah Pemilihan Umum Legislatif tahun 2014, tetap mengacu kepada dapil tahun 2009 lalu.

“Kita sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 yang dikeluarkan KPU pusat, bahwa daerah pemilihan tetap mengacu kepada pemilu tahun 2009. Bahwa tahun 2009 itu, lima dapil,” katanya.

Dalam peraturan tersebut juga katanya kalau ada perubahan memperhatikan beberapa aspek. “Terutama kepada kedekatan daripada anggota DPR (DPRD, red) yang akan dipilih setiap dapil. Artinya jangan terlalu mencolok, satu dapil dengan dapil lain. Kemudian juga dari segi geografis dan lain hal sebagainya,” katanya..

Memandang hal tersebut, maka KPU Rohil bersama pimpinan partai politik mencapai kesepakatan. “Ada sedikit perubahan, dari dapil tahun 2009. Yaitu pergeseran, satu kecamatan, Tanah Putih Tanjung Melawan, kita masukkan kepada dapil III, yaitu bergabung dengan Kecamatan Bangko Pusako dan Rimbang Melintang,” katanya menyebut perubahan tersebut.

Sehingga dengan pergeseran itu, dapil III menjadi delapan kursi. “Artinya apa, tidak terlalu jauh, dengan dapil-dapil lain. Inilah yang diinginkan dengan peraturan KPU nomor 5 tersebut,” jelasnya.

Kemudian disampaikannya pula, KPU Rohil tidak memutuskan. “Tetapi kita, hak kita hanya mengusulkan, jadi keputusan ini, tetap ditangan KPU Pusat. Kita tunggu nanti, apa keputusan KPU Pusat tentang usulan kita, mudah-mudahan karena ini merupakan usulan kita bersama seluruh partai politik dan KPU, kita harapkan untuk bisa diterima oleh KPU Pusat,” harapnya.***(nop)




Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita Politik lainnya..........
- DPW Riau Sebut Mukhtamar PPP Kubu Suryadharma Ali Ilegal
- Gelar Aksi di Kantor Medco Lirik,
Front Mahasiswa Untuk Merebut Minyak Riau Terbentuk

- DPRD Dumai Sahkan Tatip Dewan
- Pelantikan Pimpinan DPRD Kampar Tanpa Wakil dari PAN
- KMP Kuasai Alat Kelengkapan DPRD Dumai
- Dewan Minta KPK Perjelas Status Arsyadjuliandi Rachman
- Disuruh Annas Mundur, Plt Gubri Tolak Berkomentar


Untitled Document
Untitled Document | IP Anda : 54.167.182.201
All Right Reserved 2003-2005 @ Riauterkini.com