Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 20 Juli 2018 18:37
Bupati Inhil Lepas Keberangkatan 445 JCH Kloter 3 Embarkasi Batam

Jum’at, 20 Juli 2018 18:33
Maksimalkan Peran BUMDes, Pemkab Meranti Gelar Rakor Bersama Kades

Jum’at, 20 Juli 2018 18:19
Mudah Terbakar, BRG Pasang Alat Pengukur Air di Lahan Gambut

Jum’at, 20 Juli 2018 18:17
Sebanyak 487 Bacaleg di Kuansing Siap Bertarung di Pileg 2019

Jum’at, 20 Juli 2018 18:03
Mensukseskan Akreditasi Puskesmas, A2K3 Kampar Taja Pelatihan K3 dan APAR

Jum’at, 20 Juli 2018 18:00


Jum’at, 20 Juli 2018 17:44
Nyoblos 2 kali, Anggota KPPS Kampar Divonis 24 Bulan Penjara

Jum’at, 20 Juli 2018 17:35
Tim Gabungan Padamkan Karlahut di Medang Kampai, Dumai

Jum’at, 20 Juli 2018 17:27
Tentang UMP Sektor Migas, Chevron Klaim Sudah Laksanakan Aturan 

Jum’at, 20 Juli 2018 17:24
Pemkab Bengkalis Kampanyekan Imunisasi Campak dan Rubella

Jum’at, 20 Juli 2018 17:20
Delapan Terduga Penjudi di Kuansing Digulung Polisi

Jum’at, 20 Juli 2018 17:16
Perdana di Riau, FKPM Perairan Dikukuhkan di Bengkalis

Jum’at, 20 Juli 2018 17:08
Lulus Sangat Memuaskan,
Kepsek SMAN 1 Pekanbaru Resmi Sandang Doktor dari Universitas Riau


Jum’at, 20 Juli 2018 17:03
‎Peringati Hari Adyaksa ke-58,
Pegawai Kejari Rohul Anjangsana ke Panti Asuhan Budi Mulya Pasirpangaraian


Jum’at, 20 Juli 2018 16:59
‎Latihan Jalak Sakti 2018 Berakhir,
TNI AU Rencana Bangun Pos Udara di Bandara Tuanku Tambusai Rohul




Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Jum’at, 15 Desember 2017 06:18
Gubri Yakin Sagu Bisa Dijadikan Alternatif Pangan, Solusi Alih Fungsi Lahan

Pada peringatan Hari Pangan Sedunia, Gubri Arsyadjuliandi Rachman mengingatkan dampak alih fungsi lahan. Menurutnya, sagu bisa dijadikan alternatif pangan.

Riauterkini - PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman ingatkan soal banyaknya lahan pertanian saat ini yang beralih fungsi untuk kepentingan pembangunan.

Hal ini akan berpengaruh terhadap ketahanan pangan yang sejatinya harus tersedia sebagai kebutuhan. Karena itu, melalui instansi terkait dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan Riau harus berupaya mencari solusi agar keberlangsungan ketahanan pangan di Riau tetap terjaga.

"Dinas Ketahanan Pangan perlu melaksanakan ini (ketersediaan pangan). Pangan adalah masalah yang penting kita antisipasi dari sekarang," kata Gubernur Riau pada acara Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 yang digelar di lapangan Gubernuran, Jalan Diponegoro, Kamis (14/12/17).

Menurut Gubernur Riau yang biasa disapa Andi Rachman ini, sesuai dengan tema HPS tahun ini, yakni melalui hari pangan sedunia, mari kita gerakan generasi muda membangun ketahanan pangan, sangat dituntut kepedulian semua pihak untuk memikirkan akan ketersediaan pangan.

Kekurangan kebutuhan pangan di Riau masih bisa ditutup dengan mendatangkannya dari daerah lain seperti beras atau kebutuhan pokok lainnya. Bahkan khusus beras, setiap tahunnya Riau kekurangan lebih dari 350 ton beras.

"Karena bagaimanapun, kita tidak bisa mengejar ketertinggalan kebutuhan terhadap beras lebih dari 350 Ton beras kita kekurangan setiap tahunnya. Sehingga untuk mengejar kekurangan ini kita harus dibantu oleh provinsi lain," ungkap Andi.

Namun begitu, ketersediaan pangan yang masih kurang tersebut, Riau sedikit beruntung. Karena daerah ini memiliki penghasilan kebutuhan pokok yang bisa dijadikan alternatif seperti sagu. Potensi tanaman sagu di Riau cukup besar.

Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan Riau, tidak kurang dari 82000 hektar tanaman sagu serta produksi mencapai 400.000 ton per tahun bisa mencukupi kebutuhan pangan di Riau. Karena potensi yang dimiliki ini juga, Riau pun sudah memproklamirkan sebagai salah satu daerah penghasil sagu di Indonesia. Produksi sagu di Riau terhadap sagu terjadi peningkatan dari 4 persen, sekarang sudah menjadi 15 persen. Artinya Riau dalam urusan pangan sudah terbantu dengan sagu.

"Pak Bupati (Kepulauan Meranti) dan jajarannya yang memproduksi sagu itu juga sekarang giat-giatnya membuat makanan dari sagu. Waktu MTQ kemaren saya meninjau bazar, hampir seluruh kabupaten penghasil sagu mempromosikan sagunya dan ternyata kuliner yang bisa dibuat dari sagu ini enak semua. Pada tahun 2016 kita pernah mendapatkan rekor MURI memproduksi sagu dalam bentuk 369 menu. Mudah-mudahan semangat ini kita dorong terus apalagi kita masih muda generasi muda harus tahu atau ini punya potensi kita ini punya," harap Andi.

Lebih lanjut, Andi juga menyatakan bahwa kandungan dari sagu sehat dan bagus untuk orang yang alergi. Begitu juga untuk orang tua yang diabetes.

"Kita harus bertekad untuk memajukan pangan ini pertanian untuk mengatasi mengatasi kekurangan pangan ke depan. Apalagi kita Indonesia ingin menjadi lumbung pangan dunia tahun 2045 dan ini bisa saja. Saya lihat Riau ini luar biasa apapun yang ditanam jadi mau hortikultura buah-buahan maupun yang pertanian apalagi yang perkebunan. Sekarang tinggal semangat kita mari kita membangun sektor pertanian untuk mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan Dunia tahun 2045," ujarnya.

Hadir pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Kemudian tim penggerak PKK Provinsi Riau, Kepala Dinas Ketahanan dan Pangan Riau Dharmansyah, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Askardiya R Patrianov. ***(adv/mok)





Berita lainnya..........
- LHE AKIP Diserahkan Menpan- RB, Kinerja Pemkab Meranti 2017 Raih Nilai B
- Gubri Resmikan Kantor UPK dan Serahkan Bantuan Mobil Praktek Untuk SMK
- Deklarasi AYO Dihadiri Ketum Golkar
Arsyadjuliandi Rachman dan Suyatno di Mata Tokoh Riau

- Program PRISMA, Chevron Bina Petani Kakao di Tapung, Kampar
- KI Award 2017, Bukti Keterbukaan Informasi di Pemkab Inhu
- Sudah Pernah Dicicipi Megawati,
Gubri Panen Kopi Liberika di Meranti

- Atas Perintah Gubenur, Ilham Langsung Dirawat di RSUD Arifin Achmad
- Peringatan Hari Ibu ke-89,
Plt Bupati Rohul: Hentikan Aksi Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Sekarang Juga

- Bupati Yopi Komit Kembangkan Budaya dan Eko Wisata Inhu
- Majukan Inhu, Bupati Yopi Gesa Pembangunan Berbagai Insfrastruktur


Untitled Document
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2003-2005 @ Riauterkini.com